English English Indonesian Indonesian
oleh

Renungan Itikaf

Baginya riang hati jiwa ceria, sosok kesalehannya amat dirindukan surga.
Bagaimana itikaf bagi orang-orang yang sibuk bekerja?


Allamah Mawardi menyalurkan gagasan rancaknya, โ€œ๐˜ž๐˜ข๐˜ฌ๐˜ต๐˜ถ ๐˜ฎ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ช๐˜ฎ๐˜ข๐˜ญ ๐™ž’๐™ฉ๐™ž๐™ ๐™–๐™› ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข ๐™ž’๐™ฉ๐™ž๐™ ๐™–๐™› ๐˜ด๐˜ถ๐˜ฏ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ข๐˜ต๐˜ข๐˜ถ ๐™ž’๐™ฉ๐™ž๐™ ๐™–๐™› ๐˜ฎ๐˜ถ๐˜ต๐˜ญ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ข ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ข๐˜ฎ ๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ด๐˜ซ๐˜ช๐˜ฅ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ด๐˜ฌ๐˜ช ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ด๐˜ข๐˜ข๐˜ต ๐˜ด๐˜ข๐˜ซ๐˜ขโ€ (Al-inshaf: 6:17).


Itikaf sesaat di malam hari, lalu kerja di siang hari, silahkan, itu boleh-boleh saja. Rahmat Allah begitu luas kok, jangan dipersempit!
Selama hidup di dunia, tidak pantas seseorang membuat orang lain berputus asa dari rahmat Allah. Biar Allah ๏ทป saja yang menjadi hakim (QS. Al-Tin: 8).


โ€˜๐˜ˆ๐˜ญ๐˜ข ๐˜ฌ๐˜ถ๐˜ญ๐˜ญ๐˜ช ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ญ, itikaf disyariatkan dalam rangka mensucikan jiwa (๐˜ต๐˜ข๐˜ป๐˜ฌ๐˜ช๐˜บ๐˜ข๐˜ต๐˜ถ๐˜ฏ ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ง๐˜ด) dengan mendekatkan diri kepada Allah pada waktu amat terbatas, semampunya saja dari bagian 365 hari dalam setahun. Namun, hikmah itikaf memiliki nilai yang amat tinggi di sisi Allah ๏ทป.

Saudaraku,
Beritikaflah di masjid, bukan di mall (pusat perbelanjaan).


๐Ÿฎ๐Ÿฎ ๐—ฅ๐—ฎ๐—บ๐—ฎ๐—ฑ๐—ต๐—ฎ๐—ป ๐Ÿญ๐Ÿฐ๐Ÿฐ๐Ÿฑ ๐—›

News Feed