English English Indonesian Indonesian
oleh

Renungan Itikaf

Oleh; Suf Kasman, Dosen UIN Alauddin Makassar


Itikaf dimanifestasikan pada malam-malam terakhir Ramadan.
Itikaf merupakan waktu yang tepat mencurahkan segala harap, dari hati yang mulai merekah.


Bersimpuh dalam kepasrahan, bermunajat melangitkan sejuta harapan.
Sunguh berjuta-juta ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ด๐˜ข๐˜ฌ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฉ๐˜ข๐˜ฏ bagi orang yang menunaikan ibadah itikaf di masjid.
Hakikat itikaf yaitu bermakrifat (mengasingkan diri) dalam keheningan dengan Allah ๏ทป.ย 


Itikaf jalan hening menuju dominion kemenangan, sekaligus menjemput kemuliaan ๐˜“๐˜ข๐˜ช๐˜ญ๐˜ข๐˜ต๐˜ถ๐˜ญ ๐˜˜๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ณ.


Siapa pun yang itikaf berarti dia menemukan dirinya sedang berkontemplasi di lautan hikmah kalam-Nya.


Beruntunglah orang yang itikaf di masjid, dijadikannya itikaf sebagai sarana ๐˜ฎ๐˜ถ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ด๐˜ข๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฉ (evaluasi diri), memperbanyak mengingat Allah (๐˜ต๐˜ข๐˜ฅ๐˜ป๐˜ข๐˜ฌ๐˜ฌ๐˜ถ๐˜ณ), dan memikirkan karunia-Nya (๐˜ต๐˜ข๐˜ง๐˜ข๐˜ฌ๐˜ฌ๐˜ถ๐˜ณ) untuk memelihara dan meningkatkan kualitas takwa.


Mujarabnya, itikaf mampu mengobati segala duka lara, meredam segala gejolak dunia. Mereka yang itikaf lengsung mencecap, menghirup pesona senandung rahmat Ilahi.
Itikaf membawa sebuah pesan religius yaitu pesan perubahan โ€˜Kesalehan Individualโ€™. Perubahan yang membuat setiap orang menjadi seorang pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.


Filosofi itikaf seperti proses metamorfosis sempurna pada kupu-kupu. Berawal dari telur, ulat kecil yang menjijikkan. Lalu berubah jadi larva, pupa (kepompong) hingga berwujud kupu-kupu.


Berpuasa Ramadhan lalu ditutup dengan itikaf selama beberapa malam, maka lahirlah kupu-kupu cantik jelita. Sayap-sayapnya indah dipandang, memancarkan warna yang memukau.

News Feed