English English Indonesian Indonesian
oleh

Kolaborasi PT Lintas Negara Perkuat Riset

Rektor Universitas Hasanuddin Makassar, Prof Jamaluddin Jompa mengatakan hampir semua fakultas di Unhas menjalin kerja sama dengan universitas yang ada di Malaysia. Unhas dan kampus di Malaysia berkolaborasi dalam upaya peningkatan akademik internasional dan penelitian.

Apalagi kata Prof JJ, permasalahan yang hadir saat ini kadang mengenai pengembangan riset Indonesia, kualitas tulisan yang belum sesuai dengan standar jurnal internasional. “Makanya dengan kerja sama Internasional, membuat kita lebih mengenal kekurangan kita sendiri. Salah satunya bisa sembari melihat situasi di universitas luar,” ucapnya.

Rektor Unifa Makassar, Dr Mulyadi Hamid mengatakan saat ini di Universitas Fajar juga tengah gencar melakukan kolaborasi dengan kampus yang ada di Malaysia. Sebut saja kata dia, untuk prodi Hubungan Internasional, beberapa kali diadakan seminar atau talkshow membahas terkait budaya-budaya maupun sosial kehidupan warga Indonesia-Malaysia.

“Ini juga membantu dalam membangun hubungan kerja sama antarinstitusi pendidikan di tingkat internasional, mempromosikan kolaborasi akademik, dan memperkuat pemahaman lintas budaya dalam dunia pendidikan,” tandasnya.(wis)

News Feed