English English Indonesian Indonesian
oleh

Mewaspadai Gelombang Pengemis

Pengemis model ini kerap beraksi setiap awal bulan, ketika Abdi Negara sementara gajian. ๐˜”๐˜ข๐˜ค๐˜ค๐˜ข! Ada pula pengemis nongkrong di lampu ๐˜›๐˜ณ๐˜ข๐˜ง๐˜ง๐˜ช๐˜ค ๐˜“๐˜ช๐˜จ๐˜ฉ๐˜ต. Pengemis mengharap sekeping receh penyambung nafas, rela mencari asa di tengah kota.

Tak peduli kepulan asap knalpot yang memerihkan mata. Satu persatu pengemis menengadahkan tangan meminta-minta dengan raut nestapa. Dogma & kredonya โ€œ๐˜‹๐˜ข๐˜ฑ๐˜ข๐˜ต๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜œ๐˜ˆ๐˜•๐˜Ž ๐˜š๐˜Œ๐˜›๐˜๐˜ˆ๐˜— ๐˜๐˜ˆ๐˜™๐˜ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ณ๐˜ช ๐˜—๐˜Œ๐˜—๐˜š๐˜. ๐˜Š๐˜ข๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข ๐˜ฎ๐˜ถ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฉ & ๐˜จ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ, ๐˜’๐˜ถ๐˜ฎ๐˜ฑ๐˜ถ๐˜ญ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ 10 ๐˜ต๐˜ถ๐˜ต๐˜ถ๐˜ฑ ๐˜ฃ๐˜ฐ๐˜ต๐˜ฐ๐˜ญ ๐˜—๐˜Œ๐˜—๐˜š๐˜, ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ด๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ต๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฌ๐˜ข๐˜บ๐˜ถ, ๐˜ญ๐˜ข๐˜ญ๐˜ถ ๐˜จ๐˜ฐ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ-๐˜จ๐˜ฐ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ฑ๐˜ถ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฉ. ๐˜๐˜ต๐˜ถ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ข๐˜ด pengemis”.

Ada pula pengemis menjadikan masjid sebagai tempat mengemis perihal โ€œDonasi Peduli Palestinaโ€. Aksi mengemis itu dilakukan dengan menjual penderitaan warga Palestina. Padahal warga Gaza tidak pernah bermental pengemis. Ada lagi yang unik dan cara halus mengemis dengan menggunakan amplop.

Beberapa Jumat lalu, saya diundang khatib di salah satu masjid di kota Daeng ini. Sebelum masuk masjid, tiba-tiba aku dihadang dua perempuan menggunakan hijab ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข Timur-Tengah sambil menyodorkan amplop kosong. โ€œ๐˜œ๐˜ฏ๐˜ต๐˜ถ๐˜ฌ ๐˜—๐˜ข๐˜ฏ๐˜ต๐˜ช ๐˜ˆ๐˜ด๐˜ถ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜—๐˜ฆ๐˜ด๐˜ข๐˜ฏ๐˜ต๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฏ ๐˜›๐˜ข๐˜ฉ๐˜ง๐˜ช๐˜ป๐˜ฉ ๐˜—๐˜ข๐˜ฌโ€!, Sahutnya, sambil membungkuk penuh harap.

Aku perhatikan, setiap jemaah masuk masjid, juga diberikan amplop kosong. Model pengemis ini sedikit agak sopan, karena menggunakan amplop dan tidak menengadahkan tangan seperti pengemis di jalanan.

Pertanyaan, bukankah di era ini katanya banyak Kartu Penyelamat Indonesia. Kok tega melihat kaum pengemis keluyuran ke sana-kemari, mana Kartu Sakti penolong kaum pengemis itu sekarang? Manaโ€ฆ? Mana Kartu Prakerja, Kartu Jaminan Kerja, dan Kartu Sembako Murah? Yang aku lihat hanya Kartu Indonesia Sabar. Lah, yang suka janji-janji manis tanpa bukti, perlu diberi KARTU MERAH.

News Feed