English English Indonesian Indonesian
oleh

Modal Jaringan

Saya yakin, saya menang dalam modal jejaring. Kemenangan saya ada pada menundukkan khayalan saya sebelumnya bahwa modal harta adalah segalanya. Saya sudah sangat yakin bahwa orang yang kaya secara jejaring, adalah kekayaan yang sesungguhnya, kekayaan hakiki.

Menjadi kekayaan hakiki karena kekayaan jejaring terajut dari nilai-nilai kemuliaan, yang belum tentu terjadi pada orang dengan modal harta. Orang yang kaya secara jejaring pasti murah senyum. Tidak ada jejaring yang terbentuk tanpa didahului oleh senyum kolaboratif. Orang yang kaya jejaring pasti rajin bersilaturahmi dengan sesamanya.

Orang yang kaya secara jejaring pasti memanfaatkan ruang-ruang silaturahim untuk membangun jaring laba-laba kehidupannya. Misalnya, shalat jamaah, halal bi halal, atau kegiatan-kegiatan keagamaan. Orang yang kaya secara jejaring pasti memiliki banyak komunitas produktif; komunitas jogging, renang, gowes, atau mendaki gunung.

Ciri orang dengan kekayaan jejaring adalah kemudahan hidup di mana pun berada.

Orang dengan kekayaan jejaring pasti yang sering mempraktekkan “sebaik-baiknya manusia yang bermanfaat bagi sesamanya,” karena mustahil dirinya memiliki jalinan pertemanan kalau jejaring itu tidak berfungsi untuk saling meneguhkan. Orang dengan kekayaan jejaring, kantongnya bisa tipis tapi ketenangannya menebal.

Itulah, jangan minta uang pada orang dengan kekuatan jejaring, tapi minta surat rekomendasi atau surat dukungan, atau minta jadi penyambung lidah, pasti ampuh. Ciri terakhir orang dengan kekuatan jejaring adalah bisa jadi “Ma Comblang”.

News Feed