English English Indonesian Indonesian
oleh

Ketum Kadin Sulsel Atensi Mekanisme Pasar saat Ramadan Jaga Kestabilan Harga

FAJAR, MAKASSAR — Harga kebutuhan pokok bergejolak saat momentum tertentu. Mekanisme pasar mesti menjadi hal yang harus diperhatikan.

Ketua Kadin Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras menuturkan hal itu mesti jadi atensi sejak dini sebab tidak bisa dipungkiri saat Ramadan pasti permintaan kebutuhan pokok akan meningkat.

“Masyarakat pasti akan ramai-ramai belanja untuk persiapan selama Ramadan,” ujarnya.

Dewan Kehormatan Badan Pengurus Pusat (BPP) Hipmi ini mengatakan, maka dari itu yang paling perlu diantisipasi adalah kestabilan harga. Selain itu juga mesti dipastikan ketersediaan stok kebutuhan pokok tersebut.

“Jadi ada beberapa kebutuhan pokok yang biasa mengalami kenaikan itu saat Ramadan. Seperti bawang merah, bawang putih, telur, cabai, dan beras. Ituu semua harus dipantau dengan seksama perkembangannya,” tuturnya.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI ini juga mengatakan, ketersediaan stok sangat berpengaruh terhadap kestabilan harga. Termasuk mekanisme pasar juga mesti diawasi.

“Kalau stok aman harga pasti terjangkau, yang perlu kita awasi ini jangan sampai ada oknum yang melakukan penimbunan stok dan memang sengaja supaya harga naik baru setelah itu stok tersebut baru diedarkan, itu mesti menjadi perhatian khusus,” terangnya. (sae)

News Feed