English English Indonesian Indonesian
oleh

Israel Terbukti Siksa Staf PBB agar Bohong Soal Apiliasi Hamas, Negara Donor Lanjut Pendanaan UNRWA Palestina

Swedia akan memberikan setengah dari dana sebesar 38 juta dolar kepada UNRWA yang dijanjikan untuk tahun ini, dan masih banyak lagi yang akan datang.

Israel menuduh 12 dari ribuan pegawai UNRWA berpartisipasi dalam serangan Hamas pada 7 Oktober di Israel yang menewaskan 1.200 orang dan menyandera sekitar 250 lainnya.

Negara-negara termasuk Amerika Serikat dengan cepat menghentikan pendanaan untuk UNRWA senilai sekitar 450 juta dolar, hampir setengah dari anggarannya untuk tahun ini.

PBB telah meluncurkan investigasi, dan UNRWA telah menyetujui audit dari luar untuk mendapatkan kembali dukungan donor. Pada akhirnya, terungkap lewat pengakuan staf UNRWA bahwa mereka disiksa dan diancam, termasuk keluarga, agar membuat pernyataan palsu soal apiliasi dengan Hamas.

UNRWA adalah lembaga bantuan terbesar yang beroperasi di Gaza, dengan lebih dari dua juta orang bergantung pada layanannya.

Dibentuk pada tahun 1949, organisasi ini mempekerjakan sekitar 13.000 orang yang memberikan bantuan kemanusiaan mendesak, termasuk layanan kesehatan dan pendidikan, di Gaza, Tepi Barat, Yordania, Lebanon, dan Suriah.

Badan ini juga telah menyediakan perlindungan bagi ratusan dan ribuan pengungsi sejak pecahnya konflik setelah serangan tanggal 7 Oktober. Demikian dilaporkan Asosiasi Pers dan I News. (amr)

News Feed