English English Indonesian Indonesian
oleh

Dana BOS Biayai Program Prabowo-Gibran yang Hanya Rp59,08 T Per Tahun, Makan Siang Gratis Butuh Rp450 T, Guru: Apakah Cukup?

Apalagi, anggaran makan siang gratis direncanakan mencapai Rp450 triliun per tahun. Sementara alokasi Dana BOS saat ini hanya sebesar Rp59,08 triliun.
’’Sekolah bisa terancam tidak dapat menggaji guru honorer, membeli alat tulis kantor, membayar listrik, air, dan lainnya, karena habis buat makan siang gratis,’’ ujarnya.

Isu penggunaan dana BOS untuk membiaya makan gratis ini disampaikan Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. Program makan siang gratis sendiri digulirkan oleh pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran.

Airlangga menyampaikan itu kala menghadiri simulasi Program Makan Siang Gratis di SMPN 2 Curug, Kabupaten Tangerang, Banten, pada Kamis (29/2/2024). Dalam simulasi itu, ada empat menu berbeda senilai Rp15 ribu seperti gado-gado, ayam goreng, semur telur, dan siomai.

Airlangga yang juga Ketua Umum Golkar itu menyatakan bahwa dimungkinkan menggunakan BOS untuk program makan siang gratis bagi anak sekolah. (mia/bay/jpg/zuk)

News Feed