English English Indonesian Indonesian
oleh

Paparkan Rencana Pembangunan Mamminasata, Chaidir Bersama Kepala Daerah Sulsel Diterima Jokowi

FAJAR, MAROS– Pertemuan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama beberapa Kepala Daerah di Sulsel yang digelar di Istana Negara, Selasa, 27 Februari rampung.

Salah satu Kepala Daerah yang ikut diundang dalam pertemuan itu Bupati Maros, AS Chaidir Syam.

Bupati Maros, AS Chaidir Syam mengatakan kalau pertemuan yang dimulai sekitar pukul 14.30 WIB ini berlangsung kurang lebih 1 jam 30 menit.

“Alhamdulillah tadi pertemuan dengan Bapak Presiden berjalan lancar. Langsung diterima Bapak Presiden dan Mensesneg Pratikno, Mendagri Tito Karnavian dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono,” ungkapnya.

Dia menjelaskan kalau pertemuan ini bertujuan untuk memaparkan rencana pembangunan wilayah Makassar, Maros, Gowa dan Takalar dan Pangkep (Mamminasata plus) sebagai Kota Metro.

Dari hasil pertemuan tersebut, katta dia, jalur Mamminasata khususnya di Kabupaten Maros akan terus dilanjutkan dan menjadi salah satu fokus pembangunan ke depannya.

“Dengan begitu, jalan lingkar luar yang menjadi jalur Mamminasata akan lebih diperhatikan,”kata mantan Ketua DPRD Maros ini.

Tahun ini kata dia, pemerintah pusat telah menggelontorkan anggaran senilai Rp900 miliar untuk pembangunan Inpres Jalan Daerah (IJD).

Anggaran tersebut juga sudah mencakup pembangunan dan perbaikan jalur Mamminasata.

“Semoga dengan dilanjutkan jalur Mamminasata, akan bisa mengurai kemacetan yang selama ini dirasakan pada jalur utama di Kabupaten Maros, utamanya di jam-jam padat,” terangnya.

Tak sampai di situ, kata Chaidir, pembangunan jalan menuju New Port pun akan dituntaskan.

“Karena Sulawesi selatan ini yang terdekat dari IKN nantinya sebagai penyuplai sandang dan pangan, inilah kesempatan bagi Sulawesi Selatan untuk maju,” tutupnya.

Sebelumnya, Chaidir telah menyusun empat program yang ingin diusulkan menjadi proyek strategis nasional (PSN) kepada Presiden Jokowi.

Seperti penanggulangan banjir lewat program normalisasi sungai.

Selain itu, ada pula pembangunan jaringan jalan yang dinilai sudah tidak memenuhi standar.

Kemudian jalan Mamminasata di Maros, yang saat ini pembangunannya melambat karena tak lagi masuk dalam PSN.

Terakhir, adalah pembangunan tol sepanjang pesisir yang berdampingan dengan jalur kereta api dan menghubungkan sejumlah wilayah.

Chaidir datang bersama PJ Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, Forkopimda Provinsi Sulawesi dan Walikota Makassar M Ramadhan Pomanto, Bupati Gowa Adnan Purichta ihsan, Bupati Pangkep, M Yusran Lalogau dan Pj Bupati Takalar Setiawan Aswad.(rin)

News Feed