English English Indonesian Indonesian
oleh

Pemeriksaan Kesehatan Gratis untuk Warga Tinggimoncong

FAJAR, MAKASSAR—Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menggelar Bakti Sosial dan Edukasi Pengabdian masyarakat di Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa, Minggu,18 Februari 2024.

Kegiatan yang berlangsung dua hari tersebut terbagi di beberapa titik di Kecamatan Tinggimoncong. Mulai penyuluhan kesehatan, pemeriksaan USG gratis juga ada pemeriksaan kesehatan bayi dan anak terutama untuk skrining stunting yang dilakukan di aula Secata Malino.

Bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, FK Unhas memberikan edukasi kepada kader Posyandu. Menjelaskan tata cara penyuluhan mengenai gizi bagi kader-kader di daerah tersebut. Lalu, memberi makanan pendamping pemenuhan gizi bagi anak-anak sekitar, utamanya anak sekolah.

Sekretaris Prodi Sarjana Kedokteran Fakultas Kedokteran Unhas Makassar, dr Fathulrachman mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian Dies Natalis Fakultas Kedokteran Unhas.

“Para dokter juga melakukan kegiatan di salah satu pesantren di Malino, di antaranya melakukan pemeriksaan kesehatan mata, telinga, serta juga pemulihan. Juga melakukan sosialisasi penggunaan kotak obat beserta isi obat-obatnya kepada tabib, karena di sana ada tabibnya,” ucapnya.

Sekretaris Camat Tinggimoncong, Muh Anzhary menuturkan, kegiatan tersebut harus berkelanjutan sehingga bisa betul-betul bermanfaat bagi masyarakat. Ia berharap kegiatan dirutinkan, bahkan dibuatkan agenda tahunan sebagai upaya pencegahan stunting sekaligus mengedukasi masyarakat.

Utamanya bisa mengedukasi masyarakat terkait dengan kesehatan maupun gizi masyarakat Kecamatan Tinggimoncong.(wis/lin)

News Feed