English English Indonesian Indonesian
oleh

SIT Al-Biruni Mandiri, Ikutkan Siswanya Khatmul Quran dan Imtihan

MAKASSAR, FAJAR — Sebanyak 145 Siswa
Sekolah Islam Terpadu (SIT) Al-Biruni Mandiri, mengikuti Khatmul Quran dan Imtihan XI.

Acara yang mengangkat tema “Membentuk Generasi Qurani dalam Mengubah Peradaban”. Mereka diuji dan dipimpin langsung Trainer Ummi Pusat. Kegiatan dipusatkan di Nusantara Ballroom Hotel The Rinra Makassar, Sabtu, 17 Februari 2024.

Direktur Pendidikan SIT Al-Biruni Mandiri Makassar, H Muhammad Arafah Kube mengatakan, jika pihaknya ingin anak sebelum usia 13 tahun bisa menghafal Al-Qur’an.

“Tujuannya agar anak tersebut bisa lebih genius. Kita ingin putra-putri kita menghafal Al-Qur’an,” jelasnya.

Kata Arafah, dalam prosesnya ada banyak tantangan yang dihadapi. Sehingga, Al-Biruni Mandiri memasukkan program untuk membantu siswa fokus dan konsentrasi agar bisa menghapal Al-Qur’an.

“Pihak kami pun menggandeng Aloha Mental Aritmatika menerapkan teknik belajar perhitungan menggunakan sempoa,” ucapnya.

Tehnik belajar ini, menggunakan alat perhitungan dikombinasikan dengan berbagai permainan dan aktivitas yang dilakukan dalam kelas.

Nantinya diharapkan akan meningkatkan perkembangan otak kanan, tempat terletaknya kapasitas memori visual, konsentrasi dan orientasi, pengendalian aspek komunikasi non-verbal, intuisi, dan banyak lainnya.

“Kita masukan program baru untuk membantu siswa fokus dan kosentrasi agar bisa digunakan menghafal Al-Qur’an,” tutur Arafah.

Penanggung Jawab Khatmul Quran dan Imtihan XI SIT Al-Biruni Mandiri, Herma Haidi mengatakan, ini merupakan evaluasi sekaligus public speaking siswa, mulai dari jenjang SD, SMP, hingga SMA.

News Feed