English English Indonesian Indonesian
oleh

Masyarakat Minim Edukasi Soal Pembiayaan Syariah

FAJAR, MAKASSAR- Kinerja perbankan syariah semakin menjanjikan. Terlihat dari peningkatan kinerja yang terus terjadi. Hanya saja, tantangannya masyarakat belum sepenuhnya mengerti soal pembiayaan syariah. Penyebabnya adalah masih minimnya edukasi dan sosialisasi terkait perbankan syariah.

Analis Keuangan dan Perbankan Sulsel, Sutardjo Tui menuturkan pada dasarnya masyarakat mengetahui tentang pembiayaan syariah, tetapi belum sepenuhnya mengerti. Hal itu karena masih kurangnya edukasi dari pihak terkait.

“Mereka (masyarakat) cuma tahu syariah itu halal dan konvensional itu haram. Jadi masih perlu edukasi masyarakat bahwa syariah itu betul-betul halal,” ujarnya.

Apalagi, lanjutnya, saat ini banyak opini masyarakat berkembang yang menyatakan jika syariah itu sama dengan konvensional hanya namanya yang diganti. Bahkan mereka mengatakan syariah jauh lebih mahal dari pada konvensional.

Mestinya, kata dia, ada lembaga atau paling tidak Masyarakat Ekonomi Syariah yang memberikan penyuluhan kepada masyarakat terkait sistem syariah ini.

Sebab, lanjutnya, tidak bisa dipungkiri saat ini kebanyakan yang dibicarakan hanya terkait bank konvensional saja tidak pernah bicara terkait bank syariah. Makanya opini yang terbentuk itu tentang bank konvensional bukan syariah.

“Karena potensi nasabah syariah kita besar. Karena kita punya warga negara sebagai besar islam, kenapa pangsa pasarnya kecil. Karena itu kurangnya literasi keuangan syariah terhadap masyarakat. Jadi mesti di masifkan sosial terkait itu,” terangnya.

News Feed