English English Indonesian Indonesian
oleh

Beroperasi Juli 2024, Sulsel Segera Miliki RS Jantung, Otak, dan Kanker

MAKASSAR, FAJAR — Sulsel akan segera memiliki Rumah Sakit Khusus Jantung, Otak, dan Kanker. Jika tidak ada kendala, rumah sakit yang sementara dibangun di Jl Metro Tanjung Bunga Makassar ini akan mulai beroperasi pada Juli 2024 mendatang.

Hal tersebut terungkap dalam Refleksi Konsolidasi Program Kerja RS Vertikal Tahun 2024, yang dilaksanakan di Hotel The Rinra Kota Makassar, Sabtu, 20 Januari 2024. Kegiatan ini dihadiri Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bersama Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin.

Dalam sambutannya sebagai tuan rumah, Pj Gubernur Bahtiar memberikan apresiasi atas perhatian pemerintah pusat, khususnya Kementrian Kesehatan untuk Pemprov Sulsel. Dipilihnya Makassar, Sulsel, sebagai lokasi pelaksanaan Refleksi Konsolidasi Program Kerja RS Vertikal Tahun 2024, merupakan bukti keseriusan Kementerian Kesehatan menjadikan wilayah ini sebagai pusat pengembangan dan edukasi, khususnya di bidang kesehatan.

Termasuk upaya ke depan mengatasi ketimpangan infrastruktur di bidang kesehatan.

“Di Sulsel juga saat ini sedang berlangsung pembangunan RS UPT Vertikal di Makassar, yang didesain untuk dapat memberikan layanan komprehensif utamanya penyakit katastrofik secara paripurna (diagnostik, terapetik, dan rehabilitatif). Sekaligus diciptakan untuk bersaing dengan rumah sakit lain di Kawasan Asia,” jelasnya.

RS Jantung, Otak, dan Kanker, kata Bahtiar, juga diharapkan dapat mengurangi beban antrian layanan jantung, kanker, dan stroke di wilayah Jawa. Sekaligus memperluas jangkauan layanan dalam skala Nusantara. Jika tidak ada kendala, Juli 2024 sudah bisa beroperasi melayani masyarakat.

News Feed