English English Indonesian Indonesian
oleh

Reses Harry Kurnia Pakambanan, Warga Pertanyakan Masalah Jamkesda hingga Sistem Zonasi PPDB

FAJAR, MAKASSAR– Anggota DPRD Makassar, Harry Kurnia Pakambanan melaksanakan Reses Kedua Masa Persidangan Kedua Tahun Sidang 2023-2024. Salah satu titiknya di Jalan Nusa Tamalanrea, Kelurahan Tamalanrea, Kecamatan Tamalanrea, Jumat, 19 Januari.

Seperti biasa, reses ini dilaksanakan untuk menyerap aspirasi masyarakat. Khususnya masalah-masalah warga yang dihadapi selama ini.

Di titik reses ini, masyarakat tampak antusias menyampaikan unek-uneknya kepada Harry Kurnia Pakambanan. Diantara yang warga Pertanyakan soal mendapatkan beasiswa.

Salah satu warga, Ratnawati menyampaikan anaknya sejak Sekolah Dasar (SD) hingga masuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) belum pernah mendapat beasiswa. Sehingga ia bertanya apakah anaknya masuk Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau tidak.

Ada juga warga yang mempertanyakan soal sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang menggunakan sistem zonasi. Di mana anaknya tertampung padahal dekat dari sekolah.

Kemudian ada juga yang mempertanyakan soal persyaratan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda). “Karena katanya hanya satu kali pakai,” beber salah satu warga, Syamsiah.

Menanggapi pertanyaan warga, legislator dari Partai Demokrat ini berjanji untuk menampung pertanyaan ini untuk disampaikan dalam sidang paripurna hasil reses 2023/2024.

Terkait dengan DTKS, Harry menyarankan kepada warga untuk mempertanyakan ke Kelurahan atau Dinas Sosial (Dissos). Jika belum terdaftar, bisa mendaftar dengan mengisi persyaratan-persyaratan yang ada.

Kemudian soal Jamkesda, Harry menekankan bahwa itu gratis. Apalagi masyarakat tidak mempunyai BPJS Kesehatan, cukup dengan membawa KTP dan Kartu Keluarga (KK) saja sudah bisa dilayani di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Makassar.

Lalu, soal penerimaan siswa baru, Harry menyampaikan bahwa keluhan ini memang masih banyak didapatkan setiap tahun. Masalah kata dia, ia selalu sampaikan ke Dinas Pendidikan untuk terus dievaluasi agar semua anak dipastikan sekolah.

Anggota Komisi D ini pun menyampaikan kepada warga untuk tak segan menghubungi apabila warga mendapati kendala. Sebab masalah kesehatan dan pendidikan itu ditangani Komisi D.

Terpisah, Harry juga mengimbau kepada warga untuk rajin membayar PBB. Sebab PBB ini kata dia juga akan kembali ke masyarakat.

Imbauan itu juga disampaikan Lurah Tamalanrea yang hadir dalam reses ini bersama Babinsa dan Binmas Tamalanrea. Ia juga mengimbau warga untuk senantiasa menjaga kebersihan, minimal di depan rumah masing-masing. (mum/*)

Jadwal Reses:

Rabu, 17 Januari 2024

  1. Jl. Perintis Kemerdekaan Km 9, Kelurahan Tamalanrea Jaya, Kecamatan Tamalanrea
  2. Jl Perintis Kemerdekaan Km 13, Kelurahan Kapasa, Kecamatan Tamalanrea
  3. Jl Perintis Kemerdekaan 8, Kelurahan Tamalanrea Jaya, Kecamatan Tamalanrea

Kamis, 18 Januari 2024

  1. Perumahan Nusa Harapan Permai Blok B, Kelurahan Katimbang, Kecamatan Tamalanrea
  2. Jl Sejati, Kelurahan, Tamalanrea Indah Kecamatan Tamalanrea
  3. Jl Manyikkoaya, Kelurahan Sudiang, Kecamatan Biringkanaya.

Jumat, 19 Januari 2024

  1. Jl Satelit II Blok, Kelurahan Berua, Kecamatan Biringkanayya
  2. Manggala Trans Jl Nusa Tamalanrea Indah, Kelurahan Tamalanrea, Kecamatan Tamalanrea
  3. Jalan Perintis Kemerdekaan Km 12, Kelurahan Tamalanrea, Kecamatan Tamalanrea

Sabtu, 20 Januari 2024

  1. Jl perintis Kemerdekaan 11, Kel Kecamatan Tamalanrea.
  2. Jl Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Tamalanrea, Kecamatan Tamalanrea
  3. Jl Biring Romang, Kelurahan Kapasa, Kecamatan Tamalanrea. (mum)

News Feed