English English Indonesian Indonesian
oleh

Analogi Bung Karno dan Urgensi Kembali ke UUD 1945 sebelum Amandemen

Dampak kedua, sejak amandemen terakhir UUD 1945 pada 2022, terutama dalam satu dekade terakhir, Indonesia terlihat telah semakin mendekat ke negara berciri sosialis yang dianut oleh negara-negara komunis, seperti China. Bank Indonesia mencatat Utang Luar Ngeri Indonesia ke China per Juli 2023 sudah mencapai USD 396,44 miliar atau sekitar IDR 6.092.64 triliun (kurs USD1=IDR 15.368). Bahkan Said Didu mencatat di angka yang lebih tinggi yakni IDR 8100 triliun (ROMOL.ID, 20/08/2021).

Melalui berbagai kerjasama ekonomi dan keuangan Indonesia dengan China dalam beberapa tahun terakhir ini yang disertai dengan semakin membanjirnya tenaga-tenaga kerja China ke Indonesia membawa berbagai kerawanan baru secara ekonomi, politik, keamanan, sosial budaya dan idiologi. Pengalaman di Amerika Latin dan sejumlah negara di Afrika dalam menjalin kerjasama ekonomi dan keuangan dengan China ternyata telah dijadikan jebakan (debt trap) untuk ekspansi politik dan ekonomi China ke negara-negara itu.

Karenanya, Ketua DPD RI mengingatkan pemerintah atas ancaman jebakan ini agar Indonesia tidak bernasib seperti Sri Lanka, Zimbabwe, Nigeria, Uganda, Kenya, Costa Rica. Dst.

Yang amat merisaukan pula adalah fenomena kebangkitan PKI. Presiden Jokowi telah mengeluarkan Kepres Nomor 17/2022 sekaligus permintaan maaf kepada PKI, mengadakan rehabilitasi dan bantuan sosial kepada para penyintas HAM. DPD RI menilai Keppres dan Inpres yang telah dikeluarkan oleh Presiden ini dinilai telah menimbulkan berbagai dampak kenegaraan yang amat berbahaya bagi eksistensi NKRI di masa depan (dpd.go.id, 10/04/2023)

News Feed