English English Indonesian Indonesian
oleh

Pohon Tumbang Sempat Tutup Akses Palopo-Masamba

PALOPO, FAJAR—Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palopo mencatat dampak cuaca ekstrem pada, Senin 15 Januari 2024. Kejadian berupa pohon tumbang terjadi di beberapa wilayah di Palopo.


Kepala Tim Reaksi Cepat Badan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palopo, Ricard mengatakan, angin kencang dan hujan deras melanda Kota Palopo. “Sejumlah pohon tumbang di sepanjang jalan nasional,”kata Ricard kepada FAJAR.

Menurutnya, ada tiga titik pohon tumbang dipinggir jalan nasional. Namun, tidak menimbulkan korban jiwa. Sebanyak pohon besar yang tumbang. Kejadiannya berada di poros Palopo menuju Masamba sore ini. Tepatnya di Kelurahan Batu Walenrang, Kecamatan Telluwanua, satu titik.

Satu pohon berada di Kelurahan Rampoang, dan satu pohon lagi berada di Kelurahan Temmmalebba. Keduanya berada di Kecamatan Bara. Kejadiannya sebelum magrib.
BPBD Palopo dikerahkan untuk membersihkan pohon tumbang agar tidak terjadi kemacetan.

“Palopo masih aman bencana alam lainnya,”paparnya.


Sementara itu, kondisi jalan di sepanjang poros Bajo menuju Bajo Brat dan Latimojong rawan longsor. Sejumlah tebing gunung terlihat sangat labil. 

“Kita siagakan tim reaksi cepat BPBD Luwu saat ini setiap kecamatan,”kata Amiruddin, Sekretaris BPBD Luwu. BPBD Luwu tetap berkoordinasi terhadap daerah yang rawan untuk berpotensi longsor. Pihaknya belum menerima adanya laporan longsor di Luwu. (shd)

News Feed