English English Indonesian Indonesian
oleh

Arus Penumpang di Pelabuhan Makassar Tumbuh 119, 11 Persen, Imbas Libur Nataru

“Kami memang sengaja menyiapkan RTS untuk para penumpang yang transit agar lebih teratur dan mereka tidak menumpuk di terminal penumpang,” imbuh Iwan.

Dia menuturkan, rerata penumpang yang transit adalah mereka yang telah menempuh perjalanan dengan kapal laut dan ingin melanjutkan perjalanan berikutnya dengan kapal yang berbeda.

“Biasanya jadwal kapal mereka yang tiba dan yang akan ditumpangi kembali beda sehari atau dua hari, sehingga mereka akan menunggu di RTS yang telah disiapkan,” terangnya.

Atau juga tambah Iwan, mereka adalah calon penumpang kapal yang tinggal di luar Kota Makassar. Agar tidak ketinggalan kapal, mereka memilih untuk tiba di pelabuhan lebih awal dan menggunakan sarana RTS yang ada.

Selain RTS, lanjut dia, Pelindo Regional 4 Makassar juga tentunya menyiapkan berbagai fasilitas yang dibutuhkan para penumpang, khususnya saat menunggu di ruang tunggu terminal penumpang.

“Seperti toilet yang bersih, ruang menyusui, musala, wi-fi, dan fasilitas lainnya, serta layar informasi jadwal kunjungan kapal yang bisa dilihat langsung oleh para penumpang saat berada di ruang tunggu.

“Sementara itu untuk memberikan rasa yang aman dan nyaman kepada seluruh calon penumpang, pihaknya juga selalu menyiagakan petugas keamanan perusahaan bekerja sama dengan aparat setempat.

“Kami juga memasang CCTV atau kamera pemantau di hampir setiap sudut pelabuhan termasuk di dalam ruang tunggu terminal penumpang. Alhamdulillah musim libur Nataru di Pelabuhan Makassar kali ini berjalan aman dan lancar, semoga tidak terjadi sesuatu apapun yang tidak kita inginkan bersama,” pungkas Iwan. (*)

News Feed