English English Indonesian Indonesian
oleh

Screen Time vs Quality Time (Resolusi Awal Tahun: Memahami Hakikat Waktu)

Manfaatkan Waktu

Jika kita memahami bahwa waktu terus berjalan maka sudah seharusnya memaksimalkan setiap waktu yang dimiliki. Ini agar membawa keberkahan jika digunakan dengan baik.  Seperti perkataan dari Ibnu Katsir bahwa orang yang binasa dan dekat dengan kebinasaan dapat dilihat dari pengelolaan waktunya yang berantakan.

Bila orang yang telah tiada mengalami penyesalan, karena saat di dunia waktunya telah banyak disia-siakan. Merugi jika usia telah berkurang tetapi amalan tidak bertambah, itu juga karena waktu. Sehingga kita semua sepakat bahwa puncak kerugian adalah menyia-nyiakan waktu baik bagi diri sendiri, pun orang lain.

Kemajuan digital jika tidak disikapi dengan baik tidak akan membawa manfaat dan waktu pun  akan pergi begitu saja. Sehingga diperlukan edukasi dan regulasi untuk menumbuhkan kesadaran akan dampak screen time yang berlebihan.

Demikianlah, manusia diberi kebebasan menggunakan waktu yang tersedia dalam kehidupan ini. Perlu memahami keseimbangan antara screen time dan quality time sebagai langkah awal menciptakan kehidupan yang seimbang dan bermakna. Keberserahan terhadap akidah yang telah dipahami sebagai landasan praktis perlu diselami agar tak salah memilih aktivitas. Wallahualam. (*/zuk)

*Penulis merupakan Dokter di RSUD Kota Makassar

News Feed