English English Indonesian Indonesian
oleh

Status Desa di Pangkep Meningkat jadi Mandiri

FAJAR, PANGKEP- Peningkatan status desa berhasil dicapai di Kabupaten Pangkep. Empat desa berhasil meraih predikat desa mandiri, ini merupakan capaian tertinggi status desa dari Kementerian Desa, Pembangunan, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pangkep, Djajang Andi Abbas menjelaskan bahwa, terdapat empat desa yang berhasil menyabet penghargaan sebagai desa mandiri, keempatnya yaitu Desa Padanglampe, Desa Mattiro Kanja, Desa Tamarupa dan Desa Biring Ere. Ini merupakan peningkatan capaian desa mandiri, setelah pada 2022 lalu hanya satu desa yang berhasil meraih predikat ini.

“Empat desa ini berhasil mendapat pin dan piagam sebagai desa mandiei. Mereka mendapatkan tersebut karena telah berhasil memenuhi syarat empat variabel utama desa mandiri,” paparnya, Jumat, 29 Desember.

Dijelaskan adapun empat variabel itu terdiri atas tersedianya pelayanan dasar, ketersediaan pelayanan infrastruktur, ketersediaan pelayanan aksebilita dan ketersediaan pelayanan penyelenggara pemerintahan.

“Keempat variabel inilah yang dinilai untuk mendapatkan predikat desa mandiri dan empat desa kita berhasil mendapat penghargaan ini,” ucapnya.

Olehnya itu, pihaknya bertekad untuk terus mendorong seluruh desa mampu memberdayakan dengan baik masyarakat lewat berbagai kegiatan pemberdayaan dan bantuan-bantuan langsung untuk mendorong peningkatan perekonomian masyarakat sekitar.

“Adapun diharapakan dengan desa mandiri ini, berkembangnya potensi desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayahnya dan pelayanan pemerintahan yang jauh lebih baik,” jelasnya.

News Feed