English English Indonesian Indonesian
oleh

Pembangunan Jalan Layang Tompo Ladang di Maros Bakal Habiskan Rp125 Miliar

FAJAR, MAROS-Progres pembangunan jalan layang di Tompo Ladang Desa Padaelo Kecamatan Mallawa Kabupaten Maros sudah mencapai sekitar 36 persen.

PPK 3.1 Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sulsel, Irwan AR menjelaskan jika ini merupakan proyek Multiyears tahun 2023-2024.

“Targetnya bisa rampung di bulan September 2024,” katanya.

Kata dia, jalan layang ini bisa dilalui pengendara yang hendak ke Kabupaten Bone dan sebaliknya.

“Dalam proyek ini ada dua tikungan yang akan diperbaiki geometriknya, jadi dengan adanya jalan layang ini nantinya tikungannya tidak lagi tajam seperti sekarang. Dimana kondisi sekarang kan kerap terjadi kecelakaan, terutama untuk kendaraan besar sehingga cukup menyulitkan,” jelasnya.

Sehingga dengan perbaikan geometrik kata dia kendaraan akan lebih mudah bisa melintas. “Ada 2 jalan layang dengan masing-masing panjangnya 200 meter. Untuk anggarannya sesuai nilai kontrak itu sekitar Rp125 Miliar,” katanya.

Sementara itu Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Pelaksana Jalan Nasional (PJN) Wilayah III Sulsel, Malik menambahkan kalau flyover yang dibangun ini memiliki panjang sekitar 400 meter dengan lebar 14 meter.

Dia menyebutkan pembangunan sudah dimulai sejak Juli 2023. “Jadi sudah sementara jalan, kontraknya sejak Juli 2023 ditargetkan selesai di September 2024,”sebutnya.

Saat ini kata dia, pihaknya fokus melakukan bore fail dan pengecoran dan pembesian pier. Pembangunan flyover ini merupakan upaya dalam mengurangi kemacetan yang kerap terjadi di lokasi tersebut. (rin/*)

News Feed