English English Indonesian Indonesian
oleh

Pekan Bahasa dan Sastra, Ajang Kreativitas Generasi Milenial

FAJAR, MAKASSAR-Departemen Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya Unhas menggelar Pekan Bahasa dan Sastra yang berlangsung mulai tanggal 2 – 18 November 2023. Kegiatan tersebut mengusung tema “ Kreativitas Bahasa dan Sastra: Refleksi Narasi Generasi Milenial”

Menurut Ketua Panitia, Prof. Dr. Asriani Abbas, M.Hum. yang didampingi oleh Sekretaris panitia, Syahwan Alfianto Amir, S.S., M.Hum. Tema tersebut diusung dengan tujuan memberikan kesempatan kepada para generasi milenial yang terdidik secara akademik merefleksikan secara bermartabat gagasan-gagasannya untuk pembinaan, pengembangan, dan pelestarian bahasa dan sastra Indonesia.

Kegiatan Pekan Bahasa dan Sastra Tahun 2023 bertaraf nasional dengan jumlah peserta 129 orang yang terdiri atas 81 orang peserta lomba cipta puisi, 32 orang peserta lomba esai, dan 16 orang peserta lomba pidato. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam jaringan internet (daring) yang dikirim dalam bentuk file dan video.

Peserta yang ikut berkompetisi terdiri atas 39 perguruan tinggi, baik dari universitas negeri maupun swasta. Setiap jenis lomba dinilai oleh tiga juri.

Juri lomba cipta puisi yaitu: Prof. Muhammad Darwis, M.S., Prof. Dr. Nurhayati, M.Hum, dan Dra. Nursaadah, M.Hum. Juri lomba menulis esai yaitu: Prof. Dr. AB Takko Bandung, M.Hum, Dra. Muslimat, M.Hum, dan Rismayanti, S.S., M.Hum. Selanjutnya juri lomba pidato yaitu: Dr. Ikhwan M. Said, M.Hum, Dr. Inriati Lewa, M.Hum, dan Dr. Munira Hasyim, M.Hum.

Ketua Departemen Sastra Indonesia yang merangkap sebagai tim juri, Dr. Munira Hasyim sangat memberi apresiasi terhadap kegiatan tersebut karena dengan masa pendaftaran yang relatif singkat, inspirasi dan antusias yang sangat luar biasa untuk mengambil bagian pada kegiatan tersebut diperlihatkan oleh generasi milenial yang sekaligus sebagai insan akademik.

News Feed