English English Indonesian Indonesian
oleh

Kuliah Lapangan di Desa Kuatkan Teori Sosiologi Pedesaan

FAJAR, MAROS – Peserta mata kuliah Sosiologi Pedesaan Departemen Sosiologi Universitas Hasanuddin (Unhas) turun lapangan untuk menyerap informasi di desa sebagai penguatan teori melalui kuliah lapangan. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, 24-26 November 2023 di Desa Arra, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros.

Kegiatan ini diikuti oleh 56 Mahasiswa dan didampingi langsung oleh 3 Dosen Mata Kuliah Sosiologi Pedesaan, yakni, Dr Sakaria To Anwar, Hariashari Rahim, dan Muh Adnan Kasogi.

Selaku koordinator mata kuliah dan pemimpin rombongan, Sakaria menyampaikan bahwa berkat tingginya semangat peserta dan pengampu mata kuliah sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik. Diketahui bahwa kegiatan turun lapangan peserta mata kuliah Sosiologi Pedesaan telah beberapa kali juga dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya di tempat yang selalu berbeda.

Penanggung jawab mata kuliah Sosiologi Pedesaan tersebut menjelaskan bahwa selain untuk memenuhi ketentuan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), kegiatan ini juga mendekatkan peserta mata kuliah dengan data dan fakta lapangan.

“Kegiatan ini difasilitasi oleh swadaya mahasiswa dan dosen mata kuliah bertujuan selain memenuhi tuntutan RPS dari mata kuliah, juga mendekatkan mahasiswa dengan data dan fakta” terangnya.

Kuliah lapangan ini melatih mahasiswa mengawinkan dan mensinkronisasikan data dan fakta lapangan dengan teori yang telah dipelajari di perkuliahan. Target dari kegiatan ini berupa laporan hasil analisis lapangan berbentuk artikel ilmiah yang direncanakan sampai publish ke jurnal.

News Feed