English English Indonesian Indonesian
oleh

Desember, Enam Kepala Daerah di Sulsel Berganti

Hal tersebut disebabkan karena pihaknya sampai saat ini belum menerima surat dari pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk pengusulan nama-nama calon Pj Bupati di tiga kabupaten itu.

Jika surat pengusulan itu telah diterima oleh pihaknya, maka Pemprov Sulsel akan segera mengusul nama. “Kami masih menunggu surat, bisa saja kalau besok atau lusa sudah ada kami langsung usulkan,” tuturnya.

Bahkan, untuk Jeneponto, Sidrap, dan Takalar juga belum mendapat surat balasan dari Kemendagri. “Kan mereka berakhirnya Desember, biasanya di awal bulan itu ada jawabannya,” sebutnya.

Untuk pelantikannya sendiri, keenamnya berpotensi dilakukan serentak. Namun, itu bisa terjadi jika persetujuan yang diberikan oleh Kemendagri datang di waktu yang tidak berjauhan.

Pengamat Pemerintahan Universitas Hasanuddin Andi Ali Armunanto mengungkapkan, untuk tiga daerah yakni Luwu, Wajo, dan Pinrang yang dipotong masa jabatannya tidak boleh sembarangan dilakukan. Harus ada kesepakatan antara kedua belah pihak dan adanya kompensasi yang diberikan pemerintah terhadap mereka.

“Harus jelas dibicarakan, dan hasilnya itu dituangkan dalam produk hukum dalam bentuk SK Pemberhentian dan segala macam,” ungkapnya.

Santer dikabarkan, Pj Bupati Takalar Setiawan Aswad tidak lagi diusulkan untuk melanjutkan tugasnya di Takalar. Kepala Bappelitbangda Sulsel ini diyakini bakal digantikan oleh Penjabat Bupati baru.

“Wajar misalnya kalau dibutuhkan akan diganti, begitu juga sebaliknya bisa diperpanjang sesuai kebutuhan saja. Kalau dia dibutuhkan di posisi awalnya (Kepala Bappelitbangda), tentu akan ditarik dan digantikan oleh orang lain,” ujarnya. (uca/*)

News Feed