English English Indonesian Indonesian
oleh

FK Unhas Jalin Kerja Sama dengan Seoul National University Bundang Hospital

FAJAR, KORSEL-Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK-Unhas) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Seoul National University Bundang Hospital (SNUBH) pada tanggal 21 November 2023 di Korea Selatan. Acara penandatanganan MoU berlangsung dengan khidmat bertempat di SNUBH Building 1 Conference Room, 3 rd Fl.

SNUBH adalah rumah sakit pendidikan Seoul National University (SNU), salah satu universitas terkemuka di dunia dan menduduki peringkat nomor satu di Korea Selatan. Menurut QS World University Rankings (2023), SNU berada di peringkat 29 dunia dan ke-7 di Asia. Di bidang kedokteran, SNU juga unggul dalam berbagai aspek. Menurut Nature Index 2020, Fakultas Kedokteran SNU (SNU Medicine) menduduki peringkat pertama di Korea Selatan untuk Life Sciences dan Cancer Research. Menurut QS World University Rankings 2021, SNU Medicine berada di peringkat 28 dunia dan ke-2 Asia untuk bidang kedokteran.

Kerja sama ini merupakan kelanjutan dari hubungan baik yang telah terjalin sebelumnya antara Departemen Neurologi Fakultas Kedokteran Unhas dan Departemen Neurologi SNUBH. Sebelumnya, SNUBH telah mendidik empat staf pendidik Fakultas Kedokteran Unhas, yaitu dr. Muhammad Yunus Amran, Ph.D., Sp.N.(K), FINS, FINA pada Fellowship Endovascular Intervention, dr.Muhammad Iqbal Basri, Sp.N.(K) pada Fellowship Intraoperative Neurophysiology Monitoring, dr. Nirwana Fitriani Walenna,Ph.D. pada Fellowship Dermatology, dan yang terakhir dr. Achmad Harun Muchsin, Sp.N.(K), Dipl. of Pain, FIN yang baru saja lulus pada Fellowship Intraoperative Neurophysiology Monitoring dan Fellowship Neuro-Oncology.

Seremonial penandatanganan MoU tersebut oleh Dekan Fakultas Kedokteran Unhas, Prof. Dr. dr. Haerani Rasyid, M.Sc., Sp.PD-KGH., Sp.GK.-FINASIM yang diwakili oleh Ketua Departemen Neurologi Fakultas Kedokteran Unhas, Dr. dr. Jumraini Tammasse, Sp.N., Subsp. N.R.E.(K). Turut hadir dalam acara tersebut dr. Achmad Harun Muchsin,Sp.N.(K), Dr. Tammasse Balla, M.Hum, dan dr. Nirwana Fitriani Walenna, Ph.D. sebagai perwakilan Universitas Hasanuddin. Dari pihak Seoul National University Bundang Hospital, yaitu Kepala Departemen Neurologi SNUBH Professor Kyung-Seok Park, Chief Executive Officer of External Affairs Professor Hyunsik Gong, Team Leader of External Affair Sungwook Kim, dan Associate Manager, Global Strategy & Development Seungro Jun.

Dalam sambutannya, Dr. dr. Jumraini Tammasse,Sp.N., Subsp.N.R.E.(K) yang mewakili Dekan Fakultas Kedokteran Unhas, mengatakan bahwa kerjasama ini amat diharapkan memberikan banyak manfaat bagi kedua institusi. “Kami berharap kolaborasi yang telah disepakati bisa sesegera mungkin diimplementasikan. Kerjasama ini akan memberikan kesempatan bagi kedua institusi untuk saling berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman,” jelasnya.

Sementara itu, Professor Kyung-Seok Park dari SNUBH mengatakan bahwa pihaknya bersedia berbagi ilmu pengetahuan dengan Fakultas Kedokteran Unhas. “Kami dengan terbuka sangat senang berbagi ilmu pengetahuan, seperti diskusi kasus bersama, kuliah tamu, collaborative research, pengembangan staf, magang mahasiswa kedokteran, baik program dokter maupun dokter spesialis,” kata Prof. Park di sela-sela acara.

Di tempat terpisah, Dekan Fakultas Kedokteran Unhas, Prof. Dr. dr. Haerani Rasyid, M.Sc, Sp.PD.-KGH, SpGK.-FINASIM menyampaikan bahwa kolaborasi dengan SNUBH adalah salah satu bentuk implementasi Visi Misi Fakultas. “Penandatanganan MoU dengan rumah sakit SNU di Korea Selatan adalah langkah nyata Fakultas Kedokteran Unhas menuju pencapaian Visi Misi FK Unhas yang bereputasi Internasional,” ujar dekan dengan penuh keyakinan.

Sebelum Ketua Departemen Neurologi FKUH bertolak ke SNUBH, Korea Selatan, terlebih dahulu Ketua Prodi Neurologi FKUH, dr. Muhammad Akbar, Sp.N.(K), DFM memberikan pengarahan agar kerjasama ini dioptimalkan sebaik-baiknya dan menyatakan permohonan maaf karena belum sempat hadir “full team” ke SNUBH Korea Selatan karena Departemen Neurologi saat ini sedang menghadapi persiapan kegiatan Akreditasi LAMPTKES.

Pada kesempatan lain, Wakil Dekan IV FKUH yang membidangi Bidang Humas dan Kerjasama, Dr. dr. Rina Masadah, Sp.PA.(K), DFM mengharapkan agar momentum kerjasama FKUH dan SNUBH ini dimanfaatkan sebaik-baiknya. “Kerja sama ini sudah lama diperjuangkan, jadi harapan saya agar momentum ini dimanfaatkan sebaiknya-baiknya,” kata Wakil Dekan IV FKUH, penuh harap.

Acara penandatanganan MoU ini diselenggarakan bersamaan dengan seremoni penyerahan sertifikat fellowship kepada dr. Achmad Harun Muchsin oleh Professor Kyung Seok Park, Kepala Departemen Neurologi SNUBH. Akhirnya, acara ditutup dengan foto-foto bersama. (*)

News Feed