English English Indonesian Indonesian
oleh

3rd Makassar Obgyn Update, Bahas Perkembangan Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan Terbaru

FAJAR, MAKASSAR-Departemen Obstetri dan Ginekologi FK Unhas bersama Perkumpulan Obgin Seluruh Indonesia (POGI) Cabang Makassar mengadakan 3rd Makassar Obyun Update (MOU). Kegiatan Ilmiah Internasional yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali ini resmi dibuka.

Agenda pertemuan itu membahas isu-isu dan perkembangan ilmu kebidanan dan penyakit kandungan terbaru yang pada kesempatan ini mengusung tema “Improving quality, equity, and dignity in reproductive health”.

Acara yang didahului dengan satu hari workshop dan dua hari simposium serta dirangkaikan dengan MOU Gala Dinner ini diselenggarakan pada tanggal 16-19 November 2023 di Hotel Rinra Makassar dengan target peserta adalah bidan, dokter umum, dan dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi.

Selain itu, beberapa program aktivitas yang akan dilaksanakan berupa presentasi makalah ilmiah, pelayanan kesehatan, kompetisi seni dan poster edukasi, serta reuni alumni ikut dirangkaikan dalam kegiatan ini.

Kegiatan ini dihadiri dan diresmikan oleh ketua POGI yaitu Prof Dr dr Yudi Mulyana Hidayat, Sp OG Subsp Onk D MAS MKes, Ketua Departemen obstetri dan Ginekologi FK UNHAS yaitu Prof Dr dr Syahrul Rauf SpOG Subspdan, Dekan Fakultas Kedokteran UNHAS yang diwakili oleh dr Agussalim Bukhari MClin, Med SpGK, PhD.

Pembukaan kegiatan ini diramaikan dengan tarian 4 etnis dan tarian gandrang bulo, serta persembahan tarian oleh seluruh staf departemen obstetri dan ginekologi FK UNHAS dengan latar belakang lagu Pantai Losari.

Hari pertama dibuka dengan kegiatan workshop yang terdiri dari 4 konsentrasi yaitu: (1) Workshop Fetomaternal dengan tema “Optimizing the use of obstetric ultrasound in daily practice”, (2) Workshop Onkologi dengan tema “Update on management of pre-cancerous cervical lesion”, (3) Workshop FER dengan tema “Application of transvaginal ultrasound and SIS in daily practice”, dan yang terakhir, (4) Workshop Obginsos dengan tema “Tips and Trick for Improving Woman’s Reproductive Health through the latest early detection”. Total seluruh peserta workshop adalah sejumlah 118 dokter dengan antusiasme yang sangat tinggi.

Kegiatan simposium dilaksanakan selama dua hari. Acara kali ini, selain mengikut sertakan pembicara-pembicara dalam negeri, juga menghadirkan para pembicara luar negri yang tentunya akan banyak memberikan update serta pemikirran baru dalam dunia obstetri dan ginekologi.

Pembicara internasional terdiri dari Prof Gustaaf Dekker dari University of Adelaide, Assoc Prof Dr Bahiyah Abdullah dari UiTM, Malaysia, dan Prof Benyamin Gregg dari Texas University. Simposium hari pertama juga diisi oleh Prof Dr dr Yudi Mulyana Hidayat, SpOG,SubspOnk, DMAS MKes dan Prof dr Ova Emilia, MMed Ed SpOG PhD dalam plennary lecture Onk.

Pada hari kedua, dilakukan kegiatan “Meet The Expert” yang bersama membahas isu-isu terbaru dalam bidang obstetri dan ginekologi oleh para ahli. Kegiatan simposium ini secara total membahas 25 topik yang bersifat holistik dari berbagai bidang ilmu dari obstetri dan ginekologi, dengan total peserta sejumlah 310 perserta.

Kegiatan ini juga terdiri dari pameran serta lunch symposium dari berbagai sponsor yang ikut berkontribusi terhadap jalannya kegiatan ini, di antaranya adalah lunch symposium oleh BAYER dan PT. MSD Indonesia. Kegiatan pameran diisi oleh stand-stand menarik dari berbagai sponsor termasuk AstraZeneca, BAYER, BESINS Healthcare, DexaMedica, MSD, GreenMedica, Triputra Technomed, Mindray, Pt. Mulya Husada Jaya, PT. Simex Pharmaceutical Indonesia, Fahrenheit, Biofarma Group, Interbat, Morula IVF Makassar, RS Grestelina, RSIA Kartini, dan Prodia.

Acara ini diiringi dengan kegiatan Gala Dinner yang menjadi ajang temu alumni dan silaturahmi bagi seluruh alumni obgin unhas. Pada proses gala dinner juga dilakukan pengumuman dari pemenang kegaitan lomba menyanyi, dancing dan poster edukasi, tentunya dengan persembahan dari para pemenang secara live. Kegiatan ini ditutup dengan foto bersama dan pemutaran video kenangan. (ham)

News Feed