English English Indonesian Indonesian
oleh

KPPU Perketat Pengawasan Harga Pangan di Pasar

MAKASSAR, FAJAR — Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) memberi atensi khusus atas kenaikan harga bahan pangan di pasaran. Pengawasan pun akan diintensifkan untuk memastikan tidak ada permainan harga.

Kepala KPPU Kanwil VI Makassar, Hilman Pujana menyebut, kenaikan harga sejumlah komoditas pangan karena faktor siklus permintaan dan penawaran.

“Khususnya dari sisi suplay, karena faktor musim. Jadi memang agak berkurang pasokan,” kata Hilman usai melakukan peninjauan harga bahan pangan di Pasar Pabbaeng-baeng Makassar, Rabu, 27 September 2023.

Hilman lantas memperingatkan para pelaku usaha untuk tidak memainkan harga di momen kekeringan ekstrem seperti yang terjadi saat ini. Terutama, tidak menahan pasokan yang dapat mengganggu kelancaran distribusinya.

“Sehingga implikasinya menjadi. Intinya kami dengan pemerintah itu memastikan melakukan pengawasan pada komoditas yang memang naik,” tandasnya.

Sejauh ini, kata Hilman belum ada indikasi adanya permainan harga. Meski demikian, pihaknya akan tetap melakukan pengawasan intensif untuk memastikan kelancaran distribusi.

Adapun kenaikan beberapa komoditas, kata Hilman, selain karena cuaca juga karena momentum maulid nabi.

“Kalau pengawasan kita selalu, terus melakukan pemantauan di pasar maupun di jalur distribusinya. Itu tadi massage nya, jangan coba-coba memainkan harga,” tutup Hilman.

Senada dengan Hilman, Kenaikan harga bahan pokok yang kini semakin melonjak jadi perhatian serius Pemprov Sulsel. Sejumlah langkah taktis disiapkan untuk menekan harga.

News Feed