English English Indonesian Indonesian
oleh

Fakultas Hukum Unhas Hadirkan Wakil Menteri Hukum dan HAM RI di Bedah Buku Dasar-Dasar Ilmu Hukum

FAJAR, MAKASSAR-Fakultas Hukum Unhas menggelar Bedah Buku yang berjudul “Dasar-Dasar Ilmu Hukum” dengan menghadirkan penulis buku yaitu Prof. Dr. Eddy O S Hiariej, S.H.,M.Hum. juga sebagai Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Republik Indonesia dan Dr. Zainal Arifin Mochtar, S.H.,M.H. selaku Dosen Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada secara langsung sebagai Narasumber.

Acara yang dibuka oleh Rektor Unhas Prof. Dr. Ir, Jamaluddin Jompa, M. Sc. di dampingi Dekan Fakultas Hukum Unhas Prof. Dr. Hamzah Halim, S.H., M.H., M.A.P. di Baruga Prof. Dr. H. Baharuddin Lopa, S.H.

Bedah buku yang berlangsung terbagi atas 3 sesi, sesi 1 dibuka oleh Prof. Dr. Eddy O S Hiariej, S.H., M.Hum. dengan menjelaskan tentang riwayat penyusunan buku sampai siap cetak menjadi 9 bab.

“Penyusunan buku ini berhasil dalam 9 bab. Terbagi 2 secara naskah yg dibuat, dari segi historis dan aspek filosofis. Dapat diselesaikan pula dengan kami beri judul Dasar-Dasar Ilmu Hukum. Semoga khazanah dalam buku ini bisa kita jadikan diskursus bersama,” ungkap Prof Eddy.

Sesi selanjutnya yang lebih banyak menjelaskan tentang muatan filosofis dari 3 bab terakhir, 6 bab pertama dengan Prof Eddy.

“Buku ini awalnya disusun oleh 3 orang penulis, kami sepakat untuk menyusun bersama. Namun di tengah perjalanan, salah satu penulis yaitu Prof Sigit yang akan mengisi dari perspektif Hukum Internasionalnya, tetapi beliau belum sempat menyelesaikan. Hingga kami sepakat untuk menerbitkan dengan 2 penulis,” ujar Dr. Zainal.

Setelah pemaparan dari penulis buku secara langsung, kemudian dibuka sesi tanya jawab dengan penanya pertama oleh Guru Besar Fakultas Hukum Unhas Prof. Dr. H.M. Said Karim, S.H., M.H., M.Si., C.L.A. dengan mengajukan diskursus pembahasan dalam muatan KUHP baru dan hukum acara pidana.

News Feed