English English Indonesian Indonesian
oleh

Talkshow Edukasi Kesehatan, Aliyah Mustika Ilham Paparkan Pentingnya Deteksi Dini PTM

MAKASSAR, FAJAR — Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham paparkan pentingnya deteksi dini penyakit tidak menular (PTM). Hal tersebut dimaksudkan agar masyarakat lebih mudah dalam melakukan pencegahan.

Menurut Aliyah dengan melakukan pencegahan maka PTM dapat dikendalikan sedini mungkin. Sejalan dengan itu, akan membantu masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat baik di dalam keluarga maupun lingkungannya.

“Deteksi dini PTM merupakan cara untuk mengetahui adanya faktor risiko PTM pada sasaran. Deteksi dini ini berguna untuk menemukan secara awal adanya kemungkinan seseorang terkena PTM atau memiliki faktor risiko,” ungkap Aliyah dalam talkshow yang digelar Biro Komunikasi Kementerian Kesehatan RI di Graha Pena, Jumat, 15 September 2023.

Legislator Senayan dari Fraksi Demokrat ini menyebut, dengan mengetahui secara dini, angka komplikasi dapat dicegah. Namun, tetap dibutuhkan partisipasi masyarakat agar secara aktif memeriksakan diri secara berkala.

“PTM biasanya tidak bergejala, namun dapat berakibat fatal saat terjadi komplikasi. Sehingga dibutuhkan sikap mawas diri ditunjukkan dengan adanya perubahan perilaku masyarakat yang lebih sehat dan pemanfaatan fasilitas pelayanan kesehatan tidak hanya pada saat sakit, melainkan juga pada keadaan sehat,” bebernya.

“Rajin berkunjung ke puskesmas dapat menjadi salah satu solusi,” sambung dia.

Lebih lanjut Aliyah menyebut, penderita terkadang tidak menyadari bahwa dirinya telah terindikasi PTM, jika masyarakat faktor kurang rutinnya melakukan deteksi dini.

News Feed