English English Indonesian Indonesian
oleh

Misbawati Resmi Dilantik Jadi Ketua IKA Unhas Bulukumba, Siap Bantu Alumni Dapatkan Pekerjaan

FAJAR, MAKASSAR-Fajar– Pengurus Ikatan Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin (Unhas) Daerah Bulukumba periode 2023-2027 resmi dilantik oleh Ketua IKA Unhas Wilayah Sulsel Ir H Mohammad Ramdhan Pomanto, di Hotel Agri Bulukumba, Sabtu malam, 16 September.

Kurang lebih 300 alumni dari 16 fakultas di Unhas masuk dalam kepengurusan. Ketua IKA Unhas Daerah Bulukumba, Ir H Misbawati Andi Wawo, MM mengungkapkan, dari jumlah yang dilantik sebanyak 70 persen adalah ASN yang menduduki posisi strategis, selebihnya bekerja di sektor swasta.

Di hadapan pengurus IKA Unhas pusat, Sulsel dan Forkompinda yang hadir, dia berjanji akan bekerja cerdas dengan mengandalkan potensi alumni di Bulukumba.

“Pengurus IKA Unhas Daerah Bulukumba pastikan semua alumni punya pekerjaan yang menjanjikan. Membantu adik-adik alumni yang belum memiliki pekerjaan. Kami akan kerja cerdas agar semua dapat merasakan kehadiran alumni Unhas. Untuk itu , kami berharap Pemkab Bulukumba memberi ruang dan berkolaborasi dalam program IKA Unhas Bulukumba,” tegas Misbah yang juga alumni Fakultas Kehutanan ini.

Dia juga mengajak semua alumni agar menghindari postingan atau komentar di media sosial yang dapat memicu persatuan IKA Unhas Daerah Bulukumba dan lebih fokus memberi kerja nyata.

Ketua Umum IKA Unhas Wilayah Sulsel Ir H Ramdhan Pomanto juga yakin dengan kemampuan kerja, inovasi maupun pemikiran para alumni di Bulukumba untuk memajukan pembangunan dan meningkatkan perekonomian daerah Bulukumba.

Alumni Teknik Arsitektur Unhas ini juga memuji ide dan kreativitas panitia pelaksana maupun pengurus dalam merancang prosesi pelantikan yang berbeda dari daerah lain, dengan menghadirkan parade perwakilan fakultas tampil bak model catwalk di atas panggung sambil membawa bendera bertuliskan nama fakultas masing-masing.

Namun, Danny, sapaan akrab Ramdhan Pomanto juga menantikan pemikiran dan riset dari para pengurus IKA Unhas Daerah Bulukumba bagi pemkab agar dapat memajukan daerah termasuk sektor pariwisata. “Lakukan brainstorming untuk bertemu para senior-senior di Unhas sebelum melakukan rapat kerja,” tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Kasubdit Pengembangan Dana Abadi Sakkapati SH., MH mewakili Rektor Unhas. Sakkapati mengungkapkan, saat ini jumlah alumni mencapai 250 ribu orang dan diharapkan mereka dapat memberi ide, inovasi dan kontribusi nyata bagi pembangunan daerah.

” Saat ini, Unhas rangking enam nasional. Kami menantikan alumni berkontribusi dalam pembangunan. Unhas juga termasuk kampus berbadan hukum yang dikelola secara profesional, sehingga butuh support dalam pengembangan kampus dengan dana abadi yang diinvestasikan hasilnya untuk mendukung pelaksanaan tridharma perguruan tinggi,” ujar alumni Fakultas Hukum ini dalam sambutannya.

Dana abadi saat ini baru terkumpul 1,5 miliar, dan nilai itu sangat sedikit jika dibandingkan kampus lain yang berbadan hukum. Meski demikian, dari sebagian dana tersebut, lanjut Sakkapati, digunakan untuk memberi beasiswa kepada 150 orang.

Kontribusi nyata alumni juga dinantikan oleh Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf. Dia berharap IKA Unhas membentuk Litbang yang akan melakukan riset mengenai pengembangan Kabupaten Bulukumba. Menurutnya, salah satu sektor yang bagus dikembangkan adalah pariwisata, apalagi garis pantai Bulukumba mencapai 128 kilometer.

“Untuk itu perlu kolaborasi akademisi dan praktisi untuk masyarakat. Diharapkan alumniIKA Unhas dapat memberi masukan, berinovasi, berperan untuk peningkatan perekonomian Bulukumba,” ungkapnya.

Salah wujud kolaborasi tersebut, di malam pelantikan juga dilakukan penandatanganan MoU antara Ketua IKA Unhas Wilayah Sulsel Danny Pomanto dengan CV Anugerah Randu Sulawesi Bulukumba diwakili Maqbul Halim dalam kerjasama sektor ekspor produksi pertanian. Penandatanganan itu juga disaksikan Ketua Lembaga Bisnis dan Ekonomi Kawasan Pantai Selatan Unhas, HA Endang Hariyani, S.Sos., M.Si.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Pengurus PP IKA Unhas yang juga Pemred Kabarika Suwardi Thahir, Mustari, Forkopimda Bulukumba serta pengurus IKA Unhas Wilayah Sulsel; Ketua Harian Harun Ar Rasyid, Sekum Hidayah Muhallim, Ema Husain, Adnan Buyung Azis, Andi Rahmat Arfadly, Kamarudin Azis, serta pengurus IKA Unhas Sulsel lainnya. Juga Pengurus IKA Unhas daerah Bantaeng, Selayar, Sinjai.(nin)

News Feed