English English Indonesian Indonesian
oleh

Kepemimpinan Nasional

Kemarin, 5 September 2023, Gubernur Sulsel, Bapak Andi Sudirman Sulaiman telah selesai masa jabatannya dan digantikan oleh Pj Gubernur yaitu Bapak Bahtiar Baharuddin. Semua rakyat Sulsel mengharapkan Penjabat (Pj) Gubernur dapat menjalankan amanah dengan baik.

Walaupun tidak ada usulan calon Gubernur dari DPRD Sulsel, tetapi Presiden langsung melantik Pak Bahtiar yang kebetulan berasal dari Sulsel. Pak Bahtiar menjalani masa kecilnya sampai SMA di Bone. Amanah Pak Bahtiar tentu tidaklah mudah. Semua program yang belum selesai oleh Pak Andi Sudirman haruslah tetap diselesaikan dan dijalankan karena pasti telah menggunakan dana APBN, jika tetap dilanjutkan, maka dana tersebut tidak akan sia-sia dikeluarkan.

Mengapa diperlukan pemimpin yang amanah pada suatu daerah? Karena keputusan-keputusan haruslah bermanfaat bagi masyarakat. Ciri pemimpin amanah akan terlihat dari karakter kesehariannya dalam memimpin yaitu berpendirian teguh, tidak mudah terpengaruh oleh perkataan orang lain. Jujur dan mempunyai sifat terbuka pada setiap kondisi yang dihadapi.

Bersikap adil pada semua staf di Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD), sehingga sang pemimpin mendapatkan penghormatan dan penghargaan. Pemimpin harus mempunyai wawasan pemikiran yang luas, sehingga dapat memberikan arahan dan pendapat yang jelas, mampu bersikap pada kondisi apapun, dapat berkomunikasi dengan baik bukan saja dalam bahasa Indonesia tetapi dalam bahasa Inggris karena akan membangun kerja sama secara global. Memiliki kepercayaan diri yang kuat dan menjadi inspirasi bagi SKPD dan masyarakat.

**
Tahun 2024 merupakan tahun yang sangat menentukan bangsa ini karena tahun inilah kita akan mengikuti pesta demokrasi pilih presiden, pilih wakil rakyat dan pilih gubernur/wali kota dan bupati. Mulai hari ini semua rakyat yang mempunyai hak suara sebaiknya melakukan pengamatan dan penilaian terhadap calon kandidat. Penilaian dapat dilakukan dengan membaca atau mendengar berita-berita tentang calon kandidat, melalui televisi, radio, surat kabar, baliho, dan spanduk. Kenali semua calon kandidat, cermati biodata atau rekam jejak yang telah dilakukan. Kalau perlu cermati juga rekam jejak keluarganya. Sebab dari rekam jejak atau biodata akan memberikan gambaran pada kita apakah kandidat merupakan pemimpin yang amanah.

Berilah penilaian pada semua kandidat dan kalau perlu juga keluarganya. Karena kepemimpinan akan tergambar pada keadaan / kondisi keluarganya. Sebab yang akan dipilih adalah pemimpin amanah yang akan memimpin masyarakat dan bekerja untuk cita-cita bangsa yaitu menjadi Indonesia negara yang makmur dan sejahtera bagi rakyatnya. Kepemimpinan Nasional harus dimulai dari lingkup daerah kabupaten/kota lalu provinsi dan akhirnya Negara. Lalu kita juga perlu memilih wakil kita untuk duduk di parlemen, tentu tidak terlepas dari pengamatan rekam jejak, sehingga dapat dinilai apakah akan amanah meneruskan aspirasi dan kebutuhan konstituennya. Mari kita mulai belajar menjadi pemilih Cerdas !! #

News Feed