English English Indonesian Indonesian
oleh

Petugas Badal Hajikan 357 Jemaah Indonesia

“Sehingga total yang dibadalkan oleh petugas sebanyak 357,” jelasnya.

Dikatakan juga bahwa, untuk pelaksanaan badal itu diberikan upah yang menjadi tanggungan pemerintah senilai 2.500 riyal per jemaahnya. Serta bagi jemaah tersebut yang dibadalkan akan diberikan sertifikat sebagi bukti telah dilakukannya badal haji.

“Adapun pembiayaan badal haji, bagi pembadal diberikan upah yang ditanggung oleh pemerintah sebesar 2.500 riyal perorang setelah dipotong pajak,” katanya.

Kata Zulkarnain, petugas yang diberi kewenangan untuk melaksanakan badal haji itu adalah petugas yang telah berhaji sebelumnya dan tidak terikat dengan badal haji dari orang lain.

“Pelaksana badal adalah dengan diminta kesediaannya bagi petugas-petugas haji yang sudah berhaji dan tidak terikat dengan badal haji dari orang lain, sehingga hanya membadalkan satu jemaah saja satu pelaksana,” urainya.

Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas menambahkan bahwa, memang ada petugas yang sengaja disiapkan untuk melakukan badal haji.

“Sudah disiapkan petugas untuk badal haji, itu sudah dilakukan. Bagi mereka yang masih bisa disafari wukufkan itu diikutkan safari, namun bagi yang tidak dibadal hajikan. Karena dari semua ibadah aspek utama adalah keamanan jiwa,” imbuhnya.(fit)

News Feed