English English Indonesian Indonesian
oleh

Ikatan Saudagar Muslim Indonesia Buka Peluang Pasar Internasional

FAJAR, MAKASSAR-Makassar International Halal Trade Business Summit (Mihrab) 2023 digelar 4-6 Juli 2023. Kegiatan bertaraf internasional Ini membuka peluang pasar internasional.

Kegiatan yang diselenggarakan Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) ini merupakan kali pertama dilaksanakan secara internasional. “Selama ini kita hanya laksanakan dengan skala nasional setiap tahun di provinsi berbeda,” kata Ketua ISMI Sulsel A M Yusran Paris saat menggelar jumpa pers di salah satu kafe di Jalan dr Sutomo, Rabu, 14 Juni.

Yusran mengatakan, lewat kegiatan ini ISMI ingin mengajak saudagar muslim melihat peluang pasar internasional pasca covid-19 yang sejak dua tahun lalu ekonomi mulai bergerak. Tidak hanya di Indonesia, tetapi semua negara.

“Jadi ini kesempatan besar. Apalagi Sulsel dikenal sebagai hub pengembangan ekonomi berbasis ekonomi syariah di Kawasan Timur Indonesia (KTI),” katanya.

Sudah ada beberapa negara disebut telah mengkonfirmasi akan hadir. Di mana mereka tak sekadar menghadiri acara, tetapi juga mencari mitra bisnis.

“Malaysia ada 8 sampai 10 orang saudagar akan hadir, mereka cari mitra dibeberapa bidang. Seperti pengembangan sawit, kopi, hospitalty, dan prozen food,” katanya.

Kemudian ada dari Mesir. Duta besar akan hadir bersama saudagarnya dan langsung mau bekerja sama.

Di Mesir ini kata Yusran, juga ada banyak potensi yang ada di Sulsel bisa dikerja samakan. Seperti kopi dan rempah-rempah.

“Di Mesir itu sekarang trennya sama di Makassar. Habis salat subuh semua ke warung kopi. Makanya duta besar bilang, permintaan kopi besar, tetapi dari Sulsel kecil. Justru dari negara lain. Kalaupun dari Indonesia itu dari provinsi lain,” ungkapnya.

Sehingga ini menjadi peluang bagi pengusaha di Sulsel. “Alhamdulillah kita sudah tawarkan di sini dan sudah ada yang siap MoU,” katanya.

Yusran melanjutkan bahwa kegiatan yang akan dihadiri sekira 500 pengusaha ini akan dibuka oleh Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin. Sebab dia juga
Ketua Komite Nasional Ekonomi Syariah (KNES) Indonesia.

Kemudian beberapa narasumber, seperti Menteri Bumn Erick Thohir dan Direktur. Karena selama dua hari dilaksanakan Business Summit di Hotel Claro, dari 4-5 Juli.

Kemudian 6 Juli, wisata ke Rammang-rammang untuk memperkenalkan sebagai wisata geopark dunia. Sebagai icon baru yang ada di Sulsel.

Yusran juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini juga ditangkaikan dengan expo dengan dimeriahkan demgan berbagai UKM. Baik dari UKM binaan BUMN, Dinas, maupun binaan ISMI sendiri.

Selain itu, juga akan ada pembagian sertifikat halal gratis kepada 1000 UKM. Namun, yang diberikan khusus yang hadir.

“Karena 2024 itu seluruh usaha makan dan minum itu sudah wajib semua mengantongi sertifikat halal,” jelansya.

Ketua Panitia Mihrab 2023, M Yasin menambahkan bahwa kegiatan ini akan di dominasi Surat Perjanjian Kerja Sama (SPKS). “Jadi bukan lagi PKS (Perjanjian Kerja Sama), tetapi SPKS. Karena kalau hanya MoU itu hanya kesepahaman, tetapi tidak ditahu kapan dimulai dan mulai dari mana,” katanya.

Sehingga ia berharap, karena kegiatan ini gratis maka selurug yang memiliki usaha dapat menangkap peluang yang ada. “Apalagi yang akan hadir pada kegiatan ini bukan pengusaha abal-abal. Namun yang telah teruji, pengusaha berpengaruh di negirinya dan bisa mempengaruhi negara lain,” tambahnya. (mum)

News Feed