English English Indonesian Indonesian
oleh

Liliy Amelia dan Muh Ikhsan Dinilai Tumbang dari Kursi DPD RI

FAJAR, MAKASSAR — Sebanyak 19 bakal calon (balon) DPD RI Dapil Sulsel akan memperebutkan empat kursi senator. Tersisa tiga petahana berusaha mempertahankan kursinya dari manuver 16 balon pendatang baru.

Direktur Indeks Politica Indonesia (IPI), Suwadi Idris Amir menilai, jika kompetisi di DPD RI Dapil Sulsel dipetakan, maka satu kursi sudah pasti akan diamankan oleh kandidat nonmuslim. Dia memprediksi, Pdt Musa Salusu yang bakal mengisi jatah kursi tersebut.

Selain itu, Suwadi juga memprediksi jika satu petahana yakni Tamsil Linrung berpotensi besar mengamankan kursinya di DPD RI. Menurutnya, Tamsil memiliki basis massa yang jelas untuk mempertahankan kursinya itu.

“Jadi sebenarnya kalau kita bicara tentang DPD RI, maka hanya dua kursi yang akan diperebutkan. Karena dua kursi lainnya bisa dipastikan akan diamankan oleh bakal calon non muslim dan Tamsil Linrung. Karena Tamsil kan kuat karena diback-up dua partai, PKS dan Gelora,” katanya.

Itu artinya, dua petahana yakni Lily Amelia Salurapa dan Andi Muhammad Ikhsan akan terancam oleh pendatang baru yang akan berkompetisi memperebutkan dua kursi. Karena dua kursi lainnya diprediksi kuat akan diamankan oleh Pdt Musa Salusu perwakilan nonmuslim dan Tamsil Linrung sebagai petahana.

“Kandidat yang berpotensi mengganggu petahana itu adalah Harmansyah, dia diback-up oleh Gerindra. Kemudian ada nama Yaqkin Padjalangi. Karena Ajiep Padindang tidak maju, maka kekuatan Golkar mengarah ke Yaqkin. Kemudian suara PAN akan ke Yusran Paris dan ada juga Prof Idrus dan Datu Luwu. Nama ini berpotensi mengancam petahana dan memperebutkan sisa dua kursi,” ujarnya.

News Feed