English English Indonesian Indonesian
oleh

Film “Detektif Jaga Jarak”, Gambarkan Fenomena Perselingkuhan dengan Cara Komedi

FAJAR, MAKASSAR-Pada hari pertama pemutaran di bioskop, film “Detektif Jaga Jarak” juga mengadakan Roadshow di 12 kota. Salah satu kota yang dikunjungi adalah Makassar, di mana para pemeran film hadir. Pemutaran film ini juga dilakukan di XXI Mal Panakukang pada Kamis, 1 Juni 2023.

Selain Makassar, ada beberapa kota lain yang menjadi lokasi nonton bareng, antara lain Tangerang, Jakarta, Bekasi, Karawang, Cikarang, Medan, Bandung, Malang, Mojokerto, Gresik, dan Sidoarjo.

Wida Handoyo, Associate Producer Seven Sunday Films, mengatakan bahwa dalam film ini Dipe Marthino Lio beradu peran dengan aktris Hana Malasan dan aktor cilik pendatang baru Bima Sena. Mereka berhasil menyajikan komedi yang mengocok perut namun tetap mengandung pesan moral yang dalam. Sebelumnya, Marthino Lio lebih dikenal dengan peran serius atau macho, tetapi dalam film ini dia harus tampil lebih kocak.

“Melalui Marthino sebagai karakter Almond, yang merupakan konsultan pernikahan dan detektif perselingkuhan, kedua elemen tersebut digabungkan. Almond adalah sosok yang percaya pada cinta namun mencari penghasilan dari kasus-kasus detektif perselingkuhan,” ungkap Wida Handoyo.

Dia menjelaskan bahwa film “Detektif Jaga Jarak” merupakan upaya untuk menggambarkan fenomena perselingkuhan dengan cara yang kocak dan menyegarkan namun tetap mengandung pesan mendalam.

“Penonton dapat menonton film ‘Detektif Jaga Jarak’ bersama para pemeran di beberapa bioskop di 12 kota tersebut. Informasi mengenai teater bioskop yang dikunjungi dalam acara roadshow ‘Detektif Jaga Jarak’ dapat dilihat di akun media sosial Seven Sunday Studios,” ucapnya.

Salah satu pemeran karakter Takdir dalam film “Detektif Jaga Jarak”, Bimasena Prisai Susilo, mengungkapkan bahwa dalam film ini dia tidak hanya harus membangun chemistry dengan sesama manusia, tetapi juga dengan hewan.

“Di film ini, saya memiliki anjing peliharaan, dan itu menjadi tantangan bagaimana saya bisa mengikuti moodnya,” ucapnya.

Bimasena menjelaskan bahwa meskipun demikian, dia tidak mengalami kesulitan karena dia adalah pecinta hewan. Jadi, saat berakting bersama hewan, dia bisa memahami mood mereka.

“Jika saat syuting anjingnya lelah, kita tidak memaksa. Kita mengikuti mood mereka agar tidak terganggu.,” ucapnya.

Totos Rasiti, pemeran karakter Pak RT dalam film “Detektif Jaga Jarak”, mengatakan bahwa film ini menyampaikan banyak pesan moral, terutama dalam bentuk komedi.

“Saya melihat bahwa pesan-pesan itu disampaikan melalui meme-meme atau komedi, yang mudah dipahami oleh orang-orang. Oleh karena itu, dalam film ini terdapat pesan tersirat dalam setiap naskah komedi,” tuturnya.

Film ini melibatkan sejumlah pemeran yang tidak diragukan lagi kemampuan seni perannya, seperti Marthino Lio, Bima Sena, Givina Lukita, Hana Malasan, Tubagus Ali, dengan penampilan spesial dari Debby Sahertian dan Unang Bagito.

Sinopsis

Berkisah tentang Almond Surendra (Marthino Lio), seorang konsultan pernikahan yang sangat berusaha dalam mempertahankan rumah tangga kliennya.

Menurutnya pernikahan merupakan suatu hal yang sakral dan wajib diperjuangkan. Tahun ini Almond berkeinginan untuk meminang dan menikahi Arum (Givina Lukita), perempuan idaman dan sahabat masa kecilnya.

Orang tua Arum sudah sering meminta agar Arum pun segera menikah. Namun, rencana tinggal rencana, Pandemi yang terjadi membuat Almond untuk berusaha keras lagi dalam mencari rejeki.

Usaha konsultasi Pernikahan yang ia bangun dan berkantor di Ruko pun bangkrut. Almond harus menghadapi keadaan yang sulit, jatuh ke titik nol dalam dirinya dengan kondisi Pandemi yang entah kapan berakhir.

Sifatnya yang Pekerja Keras dan tetap teguh pendirian membawanya bertemu dengan Takdir (Bimasena) bersama Bro si anjing pug kesayangannya.

Takdir seorang pengamen jalanan yang menyambung hidupnya dengan menjadi mata mata yang dibayar untuk menyelidiki perselingkuhan dari beberapa pasangan.

Melihat pekerjaan Takdir yang tidak biasa, bagaimana bisa menguntungkan dari rasa sakitnya selingkuh membuat Almond awalnya tidak ingin terlibat.

Tapi saat ia melihat hasilnya, dan harapannya akan pernikahannya dengan Arum, akhirnya Almond ikut untuk menjadi ”Detektif” seperti Takdir. Bahkan dengan bekal konsultan pernikahan ia lebih bisa menilai dan memberikan cara untuk membuktikan perselingkuhan dari beberapa clientnya.

Bagaimanakah petualangan duet Almond dan Takdir dalam membongkar kasus-kasus perselingkuhan? Apakah ia bisa lolos dari tuduhan Citra (Hana Malasan) polisi cantik yang mencurigai adanya praktek Detektif Gadungan di Perumahan tersebut. Terpenting akankah tekad Almond dapat memastikan bahwa dia dapat menikahi Arum? (wis)

News Feed