English English Indonesian Indonesian
oleh

Buka Kegiatan Bidak IKAB KIP Unhas, Direktur Kemahasiswaan Tekankan Pentingnya Kerja Keras dan Ketekunan

FAJAR, MAKASSAR-katan Keluarga Mahasiswa Bidik Misi dan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (IKAB KIP) Universitas Hasanuddin menyelenggarakan Bina Dasar Kepemimpinan (Bidak), Kamis 1 Juni 2023 di Baruga AP Pettarani, Kampus Tamalanrea.

Bidak merupakan kegiatan rutin IKAB KIP Unhas untuk penerima beasiswa tahun 2022, yang sekaligus menjadi wadah penjaringan pengurus baru.

Mengusung tema “Menciptakan Generasi yang Berintegritas, Tangguh dan Inovatif di Era Digital”, Bidak ini juga bertujuan untuk mengembangkan dan membentuk generasi muda berkualitas dalam menghadapi tantangan kemajuan transformasi digital.

Pembukaan kegiatan ini dihadiri Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir, Abdullah Sanusi SE MBA PhD, Kasubdit Kesejahteraan Mahasiswa Catharina SE MM, beserta ketua IKAB KIP dan jajaran pengurus.

Dalam sambutannya, Abdullah Sanusi menyampaikan bahwa dunia kemahasiswaan di Unhas semakin dinamis, termasuk kehadiran UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) baru, juga kegiatan-kegiatan yang semakin beragam.

Pada kesempatan tersebut, Abdullah Sanusi juga menekankan bahwa tantangan dunia mahasiswa saat ini lebih berat. Termasuk banyaknya tekanan dari media sosial hingga persoalan kesehatan mental.

“Banyak yang tidak disadari soal mental health, bully, luar biasa bahaya. Manusia tidak bisa dianggap sama, betapa bahayanya ini,” tegasnya.

Melalui kegiatan tersebut, Abdullah Sanusi yang juga dosen Fakultas Ekonomi ini mengajak seluruh jajaran pengurus IKAB agar bertransformasi dan peduli tentang kesehatan mental.

“Kalian harus saling menguatkan. Karena keterbatasan keterbatasan ekonomi bukan alasan untuk tidak berhasil,” tambahnya.

Tak lupa, ia juga menekankan pentingnya kerja keras dan ketekunan dalam meraih kesuksesan. Seperti cerita mahasiswa asal Lombok, Ahmad Munjizun yang meraih gelar doktor di Amerika Serikat dan viral beberapa waktu lalu.

“Dulunya dia penggembala kuda di Lombok. Coba simak pidatonya, dia menekankan soal kerja keras dan ketekunan. Jadi tidak ada alasan soal finansial yang membuat Anda tidak bisa sukses,” lanjut Abdullah Sanusi.

Kegiatan Bidak ini akan berlangsung selama dua hari, hingga Jumat 2 Juni 2023. Seluruh peserta akan mendapat pembekalan materi terkait kepemimpinan dan organisasi.(rls/*)

News Feed