English English Indonesian Indonesian
oleh

Penipu Tiket Konser Coldplay Ditangkap di Sidrap, Korban Tertipu Jutaan Rupiah

FAJAR, MAKASSAR-Rencana konser Coldplay di Indonesia belakangan ini begitu riuh. Tidak sedikit pelaku kejahatan mencoba memanfaatkan momentum tersebut.

Seperti kejahatan dengan modus penjualan tiket konser yang dilakukan komplotan penipu yang akhirnya berhasil dibekuk Tim Direskrimsus Polda Metro Jaya dibantu Tim Resmob Polda Sulsel, Rabu, 31 Mei.

Ada empat pelaku yang berhasil diamankan yaitu lelaki atas nama M. Sofyan (23), Abbas (38) Adi (36), dan Hamka (20). Keempat pelaku ditangkap di persembunyiannya di Kabupaten Sidrap.

Kasatresmob Polda Sulsel, Kompol Dharma Negara, menjelaskan penangkapan ini berawal dari adanya laporan korban di Mapolda Metro Jaya, pada 13 Mei. Korban ditipu atas pembelian tiket konser yang ternyata fiktif.

“Korban menerangkan awalnya dia melihat postingan di Instagram dengan nama akun @jastiptiket.coldplay, kemudian memesan 2 tiket dengan harga sebesar Rp9.350.000 juta dengan kesepakatan setelah pelapor sudah melakukan pembayaran maka terlapor mengirimkan kode pemesanan tiket melalui email,” ujar Kompol Dharma dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 1 Juni.

Lebih lanjut diungkapkannya, karena merasa yakin dan percaya korban langsung mentransfer ke nomor virtual akun yang telah disediakan para pelaku. Dana yang ditransferkan nilanya sebesar Rp9.350.000 sesuai kesepakatan. Akan, tetapi sampai saat ini tiket tersebut tidak kunjung terlapor kirim.

“Atas kejadian tersebut korban dirugikan, selanjutnya Pelapor mendatangi SPKT Polda Metro Jaya untuk membuat laporan,” tambahnya.

Adapun pengejar langsung dilakukan begitu mengetahui ternyata para pelaku berada di wilayah Sulsel, tepatnya di Kecamatan Maritenggae, Kabupaten Sidrap. Pengkapan kemudian berhasil dilakukan, pada Rabu, 31 Mei, sekitar pukul 05.30 Wita.

“Tim Resmob Polda Sulsel melakukan penyelidikan bersama Unit II Tipidsiber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dan berhasil mengetahui keberadaan pelaku penipuan,” tandasnya.

Adapun setelah berhasil mengamankan empat pelaku, selanjutnya mereka dan barang bukti berupa sejumlah handphone diserahkan ke penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya guna penyidikan lebih lanjut.

Sebelumnya, Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menyebut telah berhasil mendeteksi pelaku penipuan tiket konser Coldplay yang ternyata berada di Sulsel. Sementara korban saat ini tengah didata karena kemungkinan bakal terus bertambah.

Kanit 2 Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, AKP Charles Bagaisar mengatakan jumlah korban berbanding lurus dengan laporan polisi (LP) di Polda Metro Jaya. “Bisa dikatakan ada banyak. Kami masih dalami terkait dugaan pelaku yang sedang kami lakukan pengejaran,” katanya. Dituturkannya, saat ini pihaknya serius menangani dan mengungkap kasus penipuan tersebut. (maj)

News Feed