English English Indonesian Indonesian
oleh

Tahapan Pemilu Sudah Jalan, Komisioner Baru KPU Mesti Cepat Adaptasi

FAJAR, MAKASSAR-Komisioner KPU Sulsel periode 2023-2018 terpilih telah diumumkan KPU RI. Hanya satu petahana yang kembali terpilih. Mereka pun harus cepat adaptasi di tengah tahapan.

Petahana Komisoner KPU Sulsel, Upi Hastati yang terpilih sekaligus menjadi satu-satunya mewakili perempuan. Enam komisioner lainnya, semua laki-laki yaitu, Ahmad Adiwijaya, Hasbullah, Hasrudddin Husain, Marzuki Kadir, Romy Harminto, dan Tasrif.

Kasubag SDM KPU Sulsel, Ismail Masse, membenarkan pengumuman ini. Dia mengatakan, kemungkinan pelantikan komisioner baru ini akan dilakukan pada 24 Mei.

“Insyaallah, kemungkinan besar, tanggal 24 Mei 2023 (pelantikan). Kami lagi menunggu undangan resmi dari KPU,” katanya kepada FAJAR, Minggu, 21 Mei.

Meskipun belum ada undangan resmi, tetapi Ismail memprediksi pelantikan itu karena pelantikan Ketua dan Anggota KPU periode sebelumnya dilaksanakan pada 24 Mei 2019. “Berarti tepat 5 tahun,” katanya.

Tugas komisioner KPU Sulsel baru ini bukan hal mudah, apalagi beberapa tahapan Pemilu telah berjalan. Tahapan yang sedang berjalan saat ini adalah pendaftaran dan pengajuan calon anggota DPD dan DPRD. Saat ini telah memasuki tahap verifikasi administrasi kebenaran dan kegandaan bakal calon.

Kemudian berdasarkan tahapan, pada 24-25 Mei telah memasuki tahap penyampaian hasil verifikasi administrasi dokumen persyaratan bakal calon. Lalu, 26 Mei sudah masuk tahap pengajuan perbaikan dokumen persyaratan bakal calon yang akan berlangsung hingga 9 Juni. Artinya, setelah dilantik, komisoner baru sudah langsung menyesuaikan.

“Meskipun mereka ini kebanyakan sudah merupakan penyelenggara pemilu. Jadi mudahlah menyesuaikan,” kata Koordinator Devisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) Bawaslu Sulsel, Samsuar Saleh.

Dia berharap, mereka yang terpilih untuk segera melakukan koordinasi agar bisa cepat menyesuaikan. Sebab tak ada lagi bimbingan teknis karena tahapan telah berjalan. (mum/*)

News Feed