English English Indonesian Indonesian
oleh

Mau Cegah Kenaikan Berat Badan, Begini Caranya

FAJAR, MAKASSAR-Kenaikan berat badan (BB) adalah salah satu dari sekian banyak efek samping penggunaan pil KB. Berikut tips cegah kenaikan BB saat konsumsi pil KB:

  1. Perhatikan Pola Makan
    Memperhatikan pola makan demi menjaga berat badan tetap ideal meskipun sedang minum pil KB adalah hal yang utama. Batasi asupan karbohidrat olahan, seperti pasta, mi, dan roti putih, yang bisa membuat nafsu makan tidak terkendali.
  2. Perbanyak minum air putih
    Perbanyak minum air putih merupakan cara yang mudah dan efektif untuk menjaga berat badan tetap ideal saat mengonsumsi pil KB. Air putih akan membuat Anda merasa kenyang, sehingga keinginan untuk makan atau ngemil bisa dikurangi.
  3. Rutin berolahraga
    Olahraga adalah hal yang disarankan agar kenaikan berat badan saat minum pil KB dapat dicegah. Lakukanlah olahraga secara rutin minimal 30 menit sehari.
  4. Istirahat yang Cukup
    Cukupi waktu tidur setidaknya selama 7–9 jam sehari. Sebab kurang tidur dapat menganggu metabolisme tubuh dan meningkatkan kadar hormon ghrelin sehingga nafsu makan meningkat.
  5. Konsultasi ke Dokter
    Bila semua tips di atas sudah dilaksanakan akan tetapi berat badan masih meningkat, maka konsultasi ke dokter Anda terkait mengganti jenis pil KB dengan dosis atau kombinasi hormon yang berbeda. (mia/lin)

News Feed