English English Indonesian Indonesian
oleh

Waspada Binatang Pembawa Penyakit, Aliyah Ajak Ratusan Warga Gowa Hidup Sehat

FAJAR, GOWA-Anggota DPR RI, Aliyah Mustika Ilham menggelar sosialisasi Pengendalian Vektor dan Binatang Pembawa Penyakit di Lokasi Wisata Kampar, Kabupaten Gowa, Jumat, 19 Mei 2023.

Sosialisasi dilakukan dalam rangka upaya melakukan pencegahan terhadap binatang pembawa penyakit, serta sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD).

Aliyah mengatakan, sosialisasi yang dihadiri oleh ratusan masyarakat Kabupaten Gowa ini sebagai upaya gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS). Terselenggara atas kerjasama Kementerian Kesehatan RI.

“Salah satu tugas pokok dan fungsi kami adalah bagaimana melakukan tindakan pencegahan dan pengendalian terhadap penyakit vektor dan Binatang Pembawa Penyakit (BPP) di pintu masuk pelabuhan,” ujarnya.

“Tindakan dapat ditentukan dengan faktor kecepatan dan ketepatan dalam mendeteksi. Melakukan antisipasi berupa respon cepat terhadap adanya suatu kejadian penyakit di pintu masuk pelabuhan,” tandasnya.

Diketahui dalam sosialisasi ini juga dilakukan pemaparan materi, oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, dr Gaffar, serta beberapa narasumber yang relevan.

Tak lupa, ada diskusi untuk mendapatkan masukan dan sharing, yang berkaitan dengan tantangan, kendala, strategi, dan keberhasilan antar stakeholder tentang penanganan penyakit DBD dan bagaimana pencegahannya. Turut hadir Anggota DPRD Sulsel, Rismawati Kadir Nyampa, dan Anggota DPRD Kabupaten Gowa, Abdul Salam dg Rani. (maj)

News Feed