English English Indonesian Indonesian
oleh

Rasakan Sensasi “Air Panas Pencong” di Gowa, Berendam Lima Menit, Yakin?

FAJAR, GOWA-Air Bambang atau yang dikenal juga sebagai permandian Air Panas Pencong menjadi salah satu objek potensial di Gowa. Tempat permandian ini berada di Dusun Karangloe, Desa Pencong, Kecamatan Birungbulu, Gowa dan menarik perhatian banyak pengunjung.

Di lokasi itu hanya ada dua sumber mata air panas. Air yang dialiri dengan dua pipa menuju ke kolom utama. Kolam pun tak begitu luas dan kedalaman hanya sampai pinggang orang dewasa. Tetapi, untuk berendam tak ada yang tahan hingga lima menit. Cukup panas. Kadang pengunjung memanfaatkan air panas yang mengalir di pipa untuk menyiram mi instan.

Baru-baru ini, 20 orang santri dari TK/TPA Nurul Ilmi Balanjuju dan TK/TPA Nurul Taqwa memilih untuk menikmati liburan, Sabtu, 30 April 2023. Mereka yang rata-rata kelas 6 dan baru saja menamatkan Al-Qur’an yang dilanjutkan dengan hafalan. Mereka mendapatkan kesempatan untuk menikmati keindahan permandian air panas di daerah tersebut.

Guru yang mendampingi mereka mengatakan bahwa liburan ini merupakan hadiah atas keberhasilan para santri menyelesaikan hafalan Al-Qur’an. Mereka berharap dengan kegiatan ini, para santri dapat merasakan pengalaman baru serta menambah pengetahuan mereka mengenai keindahan alam di sekitar mereka.

Diharapkan, kunjungan para santri ke air panas ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat lainnya untuk lebih mengenal keindahan alam di sekitar mereka dan memperhatikan potensi wisata yang ada di daerah tersebut. Bila berkunjung ke lokasi akan dikenai tiket masuk. Dewasa Rp5.000, anak-anak Rp3.000, penjual Rp10.000. Jika ingin menggunakan aulanya dikenakan biaya Rp300 ribu. Khusus parkir motor Rp2.000 dan mobil Rp5.000. Meskipun ramai dikunjungi, di lokasi ini kondisi toilet dalam kondisi rusak dan tak terawat. (*)

News Feed