English English Indonesian Indonesian
oleh

Memiliki Karakter Nasionalis, Religius dan Non Partisan, Peluang Erick Dampingi Ganjar Lebih Besar dari Sandiaga

FAJAR MAKASSAR — Setelah PDI Perjuangan mengumumkan calon presiden yang akan diusung pada Pilpres 2024, beberapa cawapres mulai mendekati Ganjar Pranowo. Salah satu kandidat yang getol menempel Gubernur Jawa Tengah adalah Sandiaga S Uno.Memang beberapa lembaga survei masih menempatkan Erick Thohir, Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil sebagai cawapres dengan elektabilitas tertinggi.

Lalu siapakah yang nanti akan menjadi pendamping Ganjar untuk mau di Pilpres 2024 mendatang? Dr Phil Sukri, M.Si Dekan FISIP UNHAS menilai ketiga kandidat ini memiliki peluang yang sama untuk maju mendampingi Ganjar di Pilpres 2024. Namun Megawati Soekarno Putri mengisyaratkan, cawapres yang nanti akan mendampingi Ganjar adalah sosok religius yang dekat degan ormas keagamaan terbesar di Indonesia.

Saat ini Nahdlatul Ulama (NU) merupakan ormas Islam terbesar di Indonesia, dekat dengan Megawati dan dekat dengan lingkat kekuasaan. “PDI Perjuangan menginginkan capres dan cawapres yang nanti diusung dapat merepresentasikan nasional religius. Sehingga kecenderungan cawapres yang nanti akan mendampingi Ganjar merupakan orang yang dekat atau yang dapat merepresentasikan NU. Dari beberapa kandidat potensial yang saat ini sudah muncul serta memiliki kedekatan dan bisa merepresentasikan NU adalah Erick Thohir.

Selain saat ini menjabat sebagai Menteri BUMN, saat Erick Thohir manjadi pengurus Banser. Sehingga Erick dapat bisa merepresentasikan NU,”ungkap Sukri. Langkah Sandiaga Uno pindah dari Partai Gerindra ke PPP dinilai Sukri merupakan suatu manuver agar ia bisa mendapatkan legitimasi sebagai sosok yang dekat dengan NU.

News Feed