English English Indonesian Indonesian
oleh

Laba Bank CIMB Niaga Capai Rp6,6 T, Digital Banking Octo Mobile Digenjot

FAJAR, MAKASSAR– PT Bank CIMB Niaga Tbk meraih kinerja menggembirakan untuk tahun 2022. Bank ini memperoleh laba sebelum pajak konsolidasi sebesar Rp6,6 triliun. Angka ini mengalami kenaikan 26,7% year-on-year (Y-o-Y) dan menghasilkan earings per share Rp202.2.

Direktur Strategy, Finance dan SPAPM CIMB Niaga, Lee Kai Kwong mengatakan, di tengah pemulihan dan kebangkitan ekonomi Indonesia dari tantangan global, kami dapat menangkap peluang untuk mendorong pertumbuhan Bank. “Hal ini terlihat pada peningkatan laba sebelum pajak yang mencapai Rp6,6 triliun atau tertinggi hingga saat ini,” kata Lee dalam Silaturahmi Media “Kinerja CIMB Niaga Tahun 2022” di Makassar, Rabu (5/4/2023).

Menurut Lee, 5 Pilar Strategi CIMB Niaga termasuk program transformasi digital di seluruh segmen bisnis, tetap menjadi prioritas strategis jangka panjang CIMB Niaga di tahun 2023. CIMB Niaga akan fokus pada peningkatan basis nasabah ritel dan pertumbuhan CASA.

“Ini melalui kapabilitas digital, perbaikan kualitas aset, kontribusi pendapatan non-bunga, serta inovasi perbankan digital dengan teknologi terkini dan pilihan layanan yang luas untuk nasabah,” ucapnya.

Sementara Rasio keuangan CIMB Niaga juga tercatat baik. Capital adequacy ratio (“CAR”) dan loan to deposit ratio (“LDR) CIMB Niaga masing-masing sebesar 22,2% dan 85,6% per 31 Desember 2022.

Total aset konsolidasian per 31 Desember 2022 adalah sebesar Rp307 triliun, yang semakin memperkuat posisi CIMB Niaga sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia.

Total Dana Pihak Ketiga (“DPK”) mencapai Rp227 triliun dengan rasio CASA meningkat menjadi 63.6%. Hal ini sejalan dengan komitmen Bank untuk terus membangun hubungan yang lebih erat dengan para nasabah, sekaligus meningkatkan pengalaman nasabah dalam memanfaatkan layanan digital CIMB Niaga.

Adapun jumlah kredit/pembiayaan naik 9,4% Y-o-Y menjadi Rp199 triliun (atau Rp197 triliun di luar pembiayaan Salam), terutama berasal dari pertumbuhan pada bisnis Corporate Banking (+12,1% Y-o-Y) dan Consumer Banking (+11,8% Y-o-Y).

Kredit Pemilikan Rumah (“KPR”) tumbuh 7,0% Y-o-Y, sementara Kredit Pemilikan Mobil (KPM) meningkat sebesar 35,3% Y-o- Y, termasuk kontribusi dari anak perusahaan, PT CIMB Niaga Auto Finance (CNAF).

Chief of Network & Digital Baking CIMB Niaga, Budiman Tanjung menyatakan, CIMB Niaga terus mengembangkan produk-produk berbasis digital untuk melengkapi layanan yang diberikan melalui kantor cabang.

Per 31 Desember 2022, 97% dari total transaksi nasabah telah dilakukan melalui layanan branchless banking seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, Automated Teller Machines (“ATM”), dan Rekening Ponsel.

OCTO Mobile, digital super app CIMB Niaga, memimpin tren digitalisasi dan menyediakan berbagai kemudahan perbankan, mulai dari penyediaan transaksi yang lengkap, pilihan investasi dan pinjaman hingga kemudahan untuk gaya hidup, seperti pembelian tiket pesawat.

“Kami bangga menjadi salah satu pelopor dalam industri perbankan digital di Indonesia. OCTO Mobile meraih penghargaan dari berbagai institusi atas beragam inovasi dan memberikan pengaruh positif kepada para nasabah di tahun 2022,” ucapnya.

Salah satu penghargaan diberikan oleh Bisnis Indonesia sebagai ‘Highly Impactful Digital Banking App’. Untuk meningkatkan kapabilitas OCTO Mobile sebagai digital super app.

” Kami menghadirkan transformasi yang signifikan dan menarik di OCTO Mobile. Hal ini memperkuat komitmen kami untuk selalu mengedepankan nasabah sebagai bagian dari kampanye Anda #YangUtama,” kata Budiman,

Sementara itu, OCTO Clicks difokuskan untuk melayani nasabah high-valued dalam memenuhi berbagai transaksi yang bersifat kompleks dan massal, termasuk transfer, pembayaran tagihan, pembelian, dan Top-Up.

Fitur-fitur seperti financial check-up dan lifestyle, termasuk pemesanan pesawat, hotel serta voucher melengkapi rangkaian solusi yang tersedia dari CIMB Niaga.

Selain itu, CNAF juga telah mengembangkan aplikasi digitalnya sendiri bernama CNAF Mobile yang memungkinkan calon nasabah untuk mengajukan pembiayaan melalui ponselnya.

“Di CIMB Niaga, kami juga berfokus pada Customer Centricity, salah satunya dengan terus memberikan nilai dan pengalaman yang unik, serta berbeda kepada nasabah dalam transaksi perbankan bersama CIMB Niaga,” tuturnya.

Untuk mendukung pertumbuhan bisnis, CIMB Niaga terus meningkatkan customer experience dengan menawarkan berbagai produk dan layanan yang komprehensif melalui 417 cabang dan jaringan (termasuk 37 digital lounge).

Per 31 Desember 2022, jaringan Bank secara nasional didukung oleh 4.207 ATM (termasuk Cash Remittance Machine and Multidenom Deposit Machine) dan 298.866 electronic data capture (“EDC & QR”). (wis/*)

News Feed