FAJAR, KAIRO- Indonesia hadir dalam pameran dagang Cairo Supermarket Expo yang dilaksanakan di Cairo International Convention & Exhibition Centre (CICC) Nasr City yang berlangsung 15-21 Maret 2023.
Pameran Supermarket ini memamerkan produk makanan, minuman, hasil pertanian dan perkebunan, produk perlengkapan rumah tangga dan produk bahan pokok Ramadan yang diresmikan pembukaannya oleh Perdana Menteri Mesir, Mostafa Madbouli didampingi Menteri Logistik dan Perdagangan Dalam Negeri, Ali Moselhi.
Duta Besar Indonesia untuk Mesir, Lutfi Rauf di sela-sela pembukaan Paviliun Indonesia menyatakan keberadaan produk-produk Indonesia ini sebagai bentuk upaya meningkatkan interaksi antarkalangan pengusaha dan kerjasama ekonomi perdagangan di tengah kondisi perekonomian global saat ini.
Pada tahun 2022, ekspor kedua negara mencatatkan kenaikan positif, dengan ekspor produk utama Indonesia ke Mesir antara lain produk minyak sawit dan turunannya, produk biji kopi, kelapa kering, produk kayu, produk tekstil, dan makanan olahan.
Adapun ekspor utama Mesir ke Indonesia meliputi produk gas alam, fosfat, kurma, kentang, molases dan buah-buahan. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan Indonesia-Mesir di bidang ekonomi perdagangan bukan saling bersaing, tetapi saling melengkapi satu sama lain.
“Melalui partisipasi 13 perusahaan Indonesia pada pameran Supermarket Expo ini diharapkan semakin banyak ragam produk makanan dan minuman berkualitas dari Indonesia merambah pasar Mesir. Keragaman produk ini untuk mendorong peningkatan nilai ekspor produk Indonesia ke Mesir,” ungkap Lutfi Rauf
Kehadiran Duta Besar di Paviliun Indonesia turut didampingi wakil dubes, atase perdagangan, lorfung ekonomi, lorfung pensosbud, beserta jajaran staf KBRI Kairo.
Atase Perdagangan KBRI Kairo, M. Syahran Bhakti menambahkan produk Indonesia yang dipamerkan selama tujuh hari pameran Supermarket Expo ini menghadirkan perusahaan-perusahaan dari berbagai daerah di Indonesia.
Di antaranya CV.Morisama Sejahtera Indonesia 12 dengan produk olahan tuna dan seafood sauce, CV.Coconut International Indonesia dengan produk briket arang, teh nipah dan herbal kayu sanrego, PT Bunly Abadi dengan produk unggulan Kacang Mete, CV Luhur Abadi dengan sajian Kopi Toraja
Lalu, CV Elabeaute Kosmetindo Deo Shinko untuk perawatan kulit, ketiak & kaki, Sekretariat Global Gotong Royong (G2R) Tetrapreneur dengan beragam produk ikonik kerajinan dan makanan- minuman, PT Andalus Bangun Global, dengan produk kopi robusta dan kopi arabika, PT Ameer Mentaya International Corp dengan produk kain sasirangan, tas rumput purun, tas rotan kulit, batubara, Minyak Sawit, Beras.
Adapun perusahaan CV Tropikal Indonesia dengan memamerkan produk rempah-rempah, PT Kans Agro Indonesia, briket arang dan rempah-rempah dan tembakau, PT Celexport Pammase International dengan produk pala dan rempah -rempah, PT Ayhaga Coco Indonesia, dengan produk kelapa kering.
Selain itu terdapat satu agen perwakilan dagang perusahaan Indonesia di Mesir yaitu Egyptian Saudi for Import & Export sebagai agen Mayora Indah Tbk yang memasarkan produk makanan dan minuman instan.
M. Aji Surya, Wakil Kepala Perwakilan RI dalam penutupan Paviliun Indonesia menerangkan ekspor produk unggulan telah menjadi keniscayaan bagi para pelaku usaha UMKM. Ia berharap para pelaku terus menciptakan produk yang berkualitas dan memiliki daya saing dan mengharapkan produk-produk potensial tersebut dapat menembus pasar Mesir, saling membahu memulai eksportasi di masa-masa sulit resesi ekonomi global.
Paviliun Indonesia dengan luas 48m² ini juga mempromosikan produk strategis Indonesia, keindahan alam dan obyek wisata, promosi spice up the world juga promosi Indonesia sebagai mitra pameran teknologi manufaktur industri Hannover Messe dan Keketuaan ASEAN 2023 dengan tampilan pada teknologi layar lebar. (*)