English English Indonesian Indonesian
oleh

Mata Garuda LPDP Sulsel Resmi Dilantik, Siap Berkontribusi Bangun Bangsa

FAJAR, MAKASSAR- Alumni Awardee Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) terus berkontribusi untuk masyarakat. Langkah awal Pengurus Mata Garuda Sulawesi Selatan (MG Sulsel) LPDP dengan menggelar pelantikan pengurus periode 2022-2024.

Pelantikan ini dirangkaikan dengan Leadership Talk dengan tema “Kontribusi Generasi ‘Iye’ dalam Pembangunan Bangsa Berkemajuan”.

Ketua Umum MG Sulsel, Asri Ismail menuturkan bahwa saat ini alumni LPDP asal Sulawesi Selatan sudah mencapai 1750-an yang berasal dari dalam dan luar negeri (baca: S2 dan S3) dengan berbagai potensi yang dimiliki. Dengan angka relatif banyak itu, menjadi aset penting untuk terus menebar ruang-ruang kontribusi.

“Saat ini, Mata Garuda sudah tersebar ke dalam 33 Provinsi dengan alumni yang mencapai 37 ribuan. Adapun yang tidak ingin pulang ke Indonesia sebagai mana janjinya, itu hanya 0,001 persen, selebihnya para alumni telah mengabdikan diri,” katanya.

Kepengurusan MG Sulsel 3.0 periode 2022-2024 kali ini berjumlah 64 pengurus yang bersedia berjejaring dan bekerja untuk bangsa dari sejumlah alumni yang ada.

“Meski relatif sedikit dari jumlah alumni kita di Sulsel, tapi 64 orang ini adalah orang-orang yang dengan ikhtiar kuat untuk benar-benar ingin berkontribusi kepada bangsa dan negara, khususnya Sulawesi Selatan,” tambah dosen Fakultas Bahasa dan Sastra UNM ini.

Ketua Panitia Pelantikan Pengurus MG Sulsel, Ayu Mutmainnah mengatakan bahwa kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik berkat dukungan dari berbagai pihak.

“Selaku ketua panitia, ini tentu kebahagian tersendiri bisa melaksanakan kegiatan ini. Ini tentu berkat kerja keras para tim yang solid dan luar biasa,” kata alumnus magister dari Universitas Indonesia (UI) ini.

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sulawesi Selatan, Supendi, menuturkan bahwa pemerintah memiliki perhatian besar terhadap pendidikan Indonesia. salah satu perhatian pemerintah yaitu penyaluran beasiswa dari Kemenkeu melalui LPDP kepada masyarakat.

“Ini menjadi upaya dalam mendorong masyarakat menjadi bagian dari pembangunan keberlanjutan negara dan bangsa Indonesia, MG Sulsel adalah perpanjangan tangannya,” ujarnya.

Lebih jauh, mantan Kakanwil Jambi ini pun mengatakan agar para awardee LPDP bisa mewujudkan pembangunan ini dengan melakukan kontribusi nyata ke masyarakat, salah satunya dengan bergabung di Mata Garuda (MG) Sulsel.

“Para Awardee LPDP telah tersebar di seluruh lapisan masyarakat, lewat Mata Garuda ini upaya pembangunan keberlanjutan itu harus dilakukan,” katanya.

Kegiatan Leadership Talk itu menghadirkan Kepala Kanwil Dirjen Perbendaharaan Kemenkeu Supendi, People and Process Director Kalla Group, dan Owner Browcyl Rachmat Almu Arrif.

Sementara dalam pelantikan tersebut dihadiri secara dari oleh Ketua MG Pusat, Leonardo Gavasa bersama dengan Juni Dearmanik Damanik selaku Kepala Divisi Pengelolaan Alumni LPDP.

Untuk diketahui, MG Sulsel merupakan organisasi khusus yang menyatukan para penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) wilayah Sulawesi Selatan. Organisasi ini ditujukan untuk menunjang keberadaan dan kontribusi para alumni dan awardee LPDP untuk bangsa Indonesia. (ams)

News Feed