English English Indonesian Indonesian
oleh

CDC Unhas Gelar Bincang Karier, Kiat Sukses Raih Beasiswa LPDP

FAJAR, MAKASSAR-Career Development Center (CDC), Direktorat Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar Career Talk dengan tema “How to Achieve Higher Education with LPDP Scholarship”, Rabu 7 Juni 2023.

Kegiatan yang merupakan kolaborasi bersama Himpunan Mahasiswa (Hima) LPDP Unhas ini berlangsung secara hybrid di Aula LPMPP, Kampus Unhas Tamalanrea dan disiarkan langsung pada kanal YouTube Kemahasiswaan Unhas.

Sosialisasi ini menghadirkan pembicara dari LPDP Pusat, Agam Bayu Suryanto yang merupakan Kepala Divisi Kerja Sama dan Pengembangan Beasiswa. Selain itu, turut hadir sebagai pembicara Ir Muhammad Iqbal Djawad PhD, dosen Unhas yang juga reviewer LPDP. Hadir pula awardee LPDP luar negeri, Asdar MPd, yang saat ini menempuh pendidikan doktor di Nottingham University.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM (K) hadir dan membuka kegiatan ini secara resmi. Turut hadir Kasubdit Penyiapan Karir (Kepala CDC) Unhas, Sahriyanti Saad PhD.

Dalam sambutannya, Prof Ruslin menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi ini dalam rangka memperkenalkan LPDP kepada civitas akademika Unhas.

Tak hanya itu, dosen Fakultas Kedokteran Gigi ini juga menekankan pentingnya kualitas pendidikan dan manfaat yang bisa diberikan kepada orang lain setelah menyandang gelar sarjana.

“Punya semangat untuk melanjutkan pendidikan itu sangat luar biasa, tapi jangan sampai di situ, kita harus berbagi ilmu dan punya value lebih tinggi. Itu yang membuat kita berbeda dari yang lain,” tambahnya.

Setelah resmi dibuka, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari tiga pembicara yang dipandu oleh moderator Isabella S Ishak yang merupakan awardee LPDP di Unhas.

Kepala Divisi Kerja Sama dan Pengembangan Beasiswa LPDP Agam Bayu Suryanto bertindak sebagai pembicara pertama dengan memaparkan materi pengenalan LPDP. Agam menjelaskan bahwa saat ini sudah ada 36.199 penerima beasiswa LPDP.

“Di tahun 2023 ada tiga jenis beasiswa LPDP, beasiswa afirmasi, beasiswa target dan beasiswa umum,” jelas Agam.

Lebih jauh, Agam menjelaskan masing-masing jenis beasiswa, seperti persyaratan dokumen, pendanaan, hingga syarat bahasa.

Sementara itu, pembicara kedua Muhammad Iqbal Djawad PhD membagikan pengalamannya selama menempuh pendidikan di berbagai negara. Ia juga menyinggung soal kontribusi untuk Indonesia.

“Ada yang ke luar negeri, setelah kuliah tidak mau pulang, jadi kontribusi untuk Indonesia harus dipertanyakan,” ujar Iqbal Djawad.

Sementara itu, pemateri ketiga, Asdar, juga membagikan pengalaman dan berbagi tips dan trik memilih universitas pada program LPDP. (rls/*)

News Feed