English English Indonesian Indonesian
oleh

Penelitian Tentang Operasi Militer Selain Perang, Antar Mayor Inf Hariono Raih Gelar Doktor

MAKASSAR, FAJAR — Kaurpam Rindam XIV Hasanuddin, Lettu Inf Hariono, resmi bergelar doktor. Dia dinyatakan lulus dalam ujian promosi doktoral di Universitas Muslim Indonesia (UMI), Jumat, 3 Maret 2023.

Perwira TNI AD berpangkat dua balok ini berhasil dengan sangat memuaskan mempertahankan disertasinya yang berjudul “Hakikat Pelibatan TNI dalam Operasi Militer Selain Perang Guna Menciptakan Keamanan Nasional”.

Penulisan disertasinya dibimbing oleh promotor, Prof La Ode Husen dan Prof Sufirman Rahman yang juga Direktur Program Pascasarjana UMI sekaligus bertindak sebagai pimpinan sidang, didampingi Prof Abdul Rahman selaku Co-Promotor.

Hariono berhasil mempertahankan disertasinya di depan enam guru besar hukum yakni Prof Syahruddin Nawi, Prof Kamal Hidjaz, Dr Nurul Gamar, Dr Ilham Abbas, Prof Abrar Saleng selaku penguji eksternal, dan Dr Mus Ilsan selaku penguji lintas disiplin ilmu.

“Alhamdulillah, semua prestasi ini didapatkan dengan baik karena berkat dukungan seluruh pimpinan TNI AD. Khususnya Pangdam XIV Hasanuddin,” ujarnya ditemui usai mengikuti ujian promosi doktoralnya.

Hariono menjelaskan, dalam disertasinya memuat temuan bahwa pelibatan TNI dalam operasi militer selain perang guna menciptakan keamanan nasional adalah kebutuhan negara. Hanya saja, terkendala karena belum ada pengaturan dalam bentuk UU tentang hubungan kewenangan TNI dan Polri serta pengemban fungsi keamanan lainya pasca perubahan UUD 1945.

“Akibat tidak adanya pengaturan UU tersebut, menimbulkan wilayah abu-abu (grey area),” jelasnya.

News Feed