English English Indonesian Indonesian
oleh

Komunitas Danau Biru dan Kamar Ijo Community Berkolaborasi Selamatkan Alam

MAKASSAR, FAJAR — Sinergitas untuk menyelamatkan alam kini harus menjadi perhatian semua pihak. Hal ini terlihat dari webinar yang digelar oleh komunitas Danau Biru dan Kamar Ijo Community, Sabtu, 25 Februari 2023.

Founder Danau Biru, Harmin Adijaya Putri mengatakan komunitas Danau Biru dan Kamar Ijo Community bergerak dalam bidang lingkungan. Keduanya bekerjasama menggelar green webinar series dengan mengangkat tema “Empowering Community for Sustainable Ecoutourism”.

Kegiatan tersebut merupakan langkah awal bagi kedua komunitas untuk terus menyuarakan kepedulian terhadap lingkungan yang kerap kali terabaikan di kalangan kaum muda saat ini. Kedua komunitas merupakan komunitas yang baru dirintis dengan dua fokus yang berbeda.

Komunitas Danau Biru fokus pada isu lingkungan danau yang mencakup dalam bidang Edukasi, Ekologi, Ekonomi dan Ecotourism. Sedangkan Kamar Ijo Community fokus pada isu-isu yang mendukung Sustainable Development Goals (SGDs).

Kegiatan ini dihadiri dari berbagai Universitas, dari pulau Sulawesi, Jawa, dan Sumatera, seperti IPB University, Universitas Puangrimaggalatung, UNAND, UNP, Universitas Jember, UIN Jakarta, USU dan lainnya.

Dalam kegiatan ini memadukan dua narasumber yang berasal dari IPB University dan Universitas Puangrimaggalatung. Narasumber pertama dari Departemen Ekonomi Sumberdaya Lingkungan, IPB Univerisity Dr Meti Ekayani.

Dia membahas tentang Wisata Rendah Karbon, Potensi Mitigasi, dan Adaptasi Perubahan Iklim. Selanjutnya Dekan Fakultas Pertanian Universitas Puangrimaggalatung, Dr Haerunnisa yang membahas Potensi Ekowisata Danau Tempe untuk Ekologi dan Ekonomi Sustainable.

News Feed