English English Indonesian Indonesian
oleh

Cuaca Ekstrem, Pelindo Regional Head 4 Minta Semua GM Waspada Kondisi Pelabuhan

“Karena tim yang ada dalam Posko Penyelenggaraan Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 bukan hanya terdiri dari Pelindo, tetapi juga Kantor Otoritas Pelabuhan (OP) Utama Makassar, Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar, PT Pelayaran Indonesia (Pelni), Kantor Bea dan Cukai Pelabuhan Makassar, Kantor Distrik Navigasi Kelas I Makassar, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Makassar, Polres Pelabuhan Makassar, dan Badan SAR Nasional atau BASARNAS,” beber Regional Head 4.

Pelaksanaan posko lanjut dia, di bawah kendali Kantor OP, KSOP, atau Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) dan berkoordinasi dengan pihak kepolisian, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), dan instansi terkait lainnya. Sistem pengendalian dilaksanakan dengan sistem pengendalian langsung maupun dengan Teknologi Informasi (IT) serta media informasi yang ada di masing-masing pelabuhan.

“Pemantauan dilaksanakan berdasarkan data laporan dan masing-masing cabang pelabuhan yang disampaikan setiap harinya paling lambat pada pukul 09.00 waktu setempat melalui aplikasi E-Mudik Pelindo di website mudik.pelindo.co.id yang akan diinput oleh Tim Operasional cabang menggunakan device smartphone atau perangkat PC.”

“Saya telah menginstruksikan kepada seluruh GM untuk selalu siaga dan memantau terus situasi di pelabuhan, dan melaporkan segera bila terjadi kondisi atau keadaan yang tidak biasa,” ujarnya.

“Kepada para petugas di pelabuhan, saya meminta agar selalu berhati-hati dan waspada dengan cuaca ekstrem ini. Selalu gunakan Alat Pelindung Diri (APD) terutama saat menjalankan tugas. Kepada seluruh masyarakat pengguna moda transportasi kapal laut, untuk juga berhati-hati dan selalu memerhatikan kondisi diri dan kesehatan masing-masing. Jangan lupa untuk siapkan perlengkapan kesehatan dan obat-obatan yang dibutuhkan, jika memang terpaksa harus tetap berlayar dalam kondisi cuaca saat ini,” tukasnya. (dir)

News Feed