English English Indonesian Indonesian
oleh

Gagas Pertukaran Pelajar hingga Pengembangan SDM, FK UMI Jajal Kerja Sama dengan Kampus di Malaysia

MAKASSAR, FAJAR — Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muslim Indonesia (UMI) melakukan kunjungan ke kampus terbaik di Kuala Lumpur, Malaysia. Kunjungan Tim FK UMI digelar pada 19-22 Desember 2022. Dua kampus ternama di Negeri Jiran yang dikunjungi yakni, UKM dan USIM.

Dekan FK UMI, Dr.dr.H. Nasrudin AM, Sp.OG(K), MARS, M.Sc, mengatakan pihaknya melakukan kunjungan dalam rangka melihat atau mengindetifikasi peluang kerja sama yang akan selanjutnya ditindaklanjuti dengan MoA (Memorandum of Agreement).

Untuk kunjungan di Fakulti Perubatan dan Sains Kesihatan Universiti Sains Islam Malaysia (FPSK USIM), kata Nasrudin, timnya diterima langsung oleh Dekan FPSK USIM, Professor Dato’ Dr. Muhammad Shamsir Bin Mohd Aris.

“Dalam pertemuan tersebut dibahas beberapa agenda yaitu peluang kerja sama meliputi penelitian dan publikasi bersama antara FK UMI dan FPSK USIM terutama terkait dengan penelitian-penelitian unggulan, ” ujarnya, Jumat, 23 Desember 2022.

Salah satu penelitian tersebut, lanjut Nasrudin, menyangkut tentang Thibbun Nabawi dan penelitian Herbal Medicine terutama terkait penelitian tentang kurma Ajwa. “Dan, ternyata kedua fakultas telah melakukan penelitian tersebut sehingga sangat mungkin untuk dapat dilakukan penelitian bersama, juga terkait dengan penelitian berbasis community medicine (epidemiologi dan lainnya), ” katanya.

Selain membahas penelitian, Nasrudin mengungkapkan topik lain yang dibahas mengenai pertukaran dosen yang mengajar. Demikian pula student exchange atau pertukaran mahasiswa di tahap pre klinik dan klinik antara FK UMI dan FPSK USIM.

News Feed