English English Indonesian Indonesian
oleh

Jerman vs Jepang: Respek Der Panzer

FAJAR, DOHA—Jerman harus menunjukkan respek tinggi pada Jepang saat kedua negara bersua di Grup E, malam ini. Mereka harus belajar pada Argentina yang secara mengejutkan dikalahkan Arab Saudi, malam tadi, (23/11/2022) pukul 21.00 WITA.

Dengan pemain-pemain yang sebagian besar merumput di klub-klub Eropa, Tim Samurai Biru, julukan Jepang bisa menjadi sangat berbahaya bagi Der Panzer. Apalagi, Jerman memang punya trauma melawan wakil Asia di edisi sebelumnya.

Pada Piala Dunia 2018 Rusia, Jerman yang juga kalah 0-1 dari Meksiko di laga perdana mendapat kutukan juara bertahan dan tersingkir di fase grup. Itu setelah ditekuk 2-0 oleh Korea Selatan di pertandingan ketiga.

Kapten Jerman, Manuel Neuer sejak awal juga sudah mengingatkan timnya bahwa Jepang tidak boleh mereka remehkan. Menurutnya, Jepang adalah tim yang sangat disiplin dan selalu menyulitkan.

“Kita harus berhati-hati. Bagi saya pribadi, pertandingan pertama dalam sebuah turnamen selalu menjadi yang terpenting. Jepang adalah tim yang bermain dengan cara yang sangat disiplin,” kata Neuer kepada Mano Bonke dan Philip Kessler dari Tz.

Kiper Bayern Munchen itu juga memuji kualitas pemain-pemain Jepang. Di Bundesliga, ada delapan pemain pemain timnas Jepang. Termasuk Maya Yoshida, Hiroki Ito, Ritsu Dōan, dan Daichi Kamada yang tampil luar biasa bersama Eintracht Frankfurt.

“Pada saat yang sama, mereka tidak dapat diprediksi karena kualitas pemain individu mereka. Kami memiliki beberapa pemain Jepang di Bundesliga. Saya merasa sulit bermain melawan tim seperti itu. Saya lebih suka bermain melawan tim seperti Spanyol – karena Anda mengenal mereka,” jelasnya.

Makanya, Neuer menegaskan mereka harus benar-benar fokus. “Kami ingin tiga poin pertama kami di Piala Dunia melawan mereka,” tegas Neuer.

Bek Jerman, Niklas Sule juga memberi warning pada timnya. “Kami harus siap tampil sebaik mungkin pada hari Rabu. Itu termasuk menjaga bentuk pertahanan kami agar siap bertahan melawan serangan balik. Kami memiliki beberapa masalah di bidang itu baru-baru ini, yang tidak dapat kami biarkan melawan Jepang,” ujarnya di situs resmi DFB.

Pelatih Jerman Hansi Flick sendiri sangat percaya dengan kemampuan timnya. Menurutnya, mereka akan berusaha memaksa Jepang melakukan kesalahan di Stadion Internasional Khalifa.

“Gaya sepak bola kami adalah aktif dan bermain dengan intensitas tinggi untuk memaksa lawan melakukan kesalahan. Kami memiliki pemain untuk melakukan itu,” kata Flick.

Sementara itu, Jepang menyatakan bahwa mereka tidak gentar menghadapi Jerman. “Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di turnamen seperti ini,” tegas striker tim Samurai Biru Takuma Asano seperti dilansir AFP.

Takehiro Tomiyasu yang bermain di klub Premier League Inggris Arsenal menambahkan, mereka menghormati Jerman, tapi tidak berlebihan. “Kami tidak perlu terlalu berlebihan menghormati mereka. Tentu saja kami harus realistis,” jelas Tomiyasu,

Pelatih Jepang, Hajime Moriyasu di sisi lain mencoba membuat anak asuhnya lebih rileks. “Pertandingan pertama sangat penting, tapi hasil pertandingan pertama bukanlah segalanya. Kami harus fokus pada setiap pertandingan dan tugas saya adalah mengelola dan menstabilkan tim sehingga tidak terpengaruh oleh setiap hasil,” jelas Moriyasu di the-AFC.com.

Karou Mitoma dan Wataru Endo sudah siap bermain setelah mengatasi masalah penyakit dan cedera kepala mereka. Dengan demikian, hanya gelandang Sporting Lisbon Hidemasa Morita yang agak diragukan karena masalah betis.

Di kubu Jerman, seluruh anggota skuat mereka dilaporkan dalam keadaan fit. Itu setelah striker Niclas Fullkrug pulih dari sakit dan Thomas Muller serta Antonio Rudiger kembali berlatih penuh selama akhir pekan. (amr)

Prakiraan Pemain

Jerman (4-2-3-1): Neuer; Kehrer, Sule, Rudiger, Raum; Kimmich, Gundogan; Gnabry, Musiala, Sane; Muller

Jepang (4-3-3): Gonda; Sakai, Tomiyasu, Yoshida, Nagatomo; Shibasaki, Endo, Kamada; Ito, Asano, Minamino

Agenda Laga

Rabu, 23 November 2022

21.00 – Jerman vs Jepang | SCTV | Vidio | Moji TV

News Feed